Terbit: 27 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cukup banyak penderita diabetes yang khawatir untuk makan pisang atau buah-buahan yang memiliki rasa manis lainnya. Meskipun buah adalah makanan sehat, rasa manis pada buah-buahan tersebut dianggap sebagai tanda akan adanya kandungan gula yang bisa memperburuk masalah diabetes. Sebenarnya, apakah memang penderita diabetes sebaiknya tidak makan pisang?

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Pisang?

Dikutip dari Livestrong, pisang ternyata memiliki indeks glikemik yang rendah. Hal ini berarti, makan pisang tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. The American Diabetes Association (ADA) bahkan menyebutkan bahwa buah-buahan seperti pisang cocok bagi  diet harian penderita diabetes. Meskipun tentu saja konsumsi buah ini tidak boleh dilakukan dengan berlebihan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Sydney, Australia, indeks glikemik buah pisang adalah 51. Hal ini berarti, pisang tergolong dalam makanan dengan kadar indeks glikemik rendah. Fakta ini didukung oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2011 berjudul Western African Journal of Medicine.

Dalam penelitian yang dilakukan di Nigeria ini, pisang memiliki kadar indeks glikemik yang rendah dan termasuk dalam buah yang aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Selain itu, penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam British Journal of Medicine yang diterbitkan Agustus 2013 lalu bahkan menyebutkan bahwa konsumsi buah-buahan utuh seperti pisang bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe dua.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi pisang secara langsung, bukannya dijadikan jus atau smoothies. Jika perlu, penderita diabetes bisa berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi agar bisa menentukan asupan buah pisang dan makanan-makanan lainnya setiap hari dengan tepat mengingat adanya jumlah karbohidrat di dalam buah dengan rasa yang manis ini. Sebagai informasi, di dalam pisang berukuran sedang kita bisa menemukan 30 gram karbohdirat, jumlah yang setara dengan karbohidrat dalam 2 lembar roti.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Sobat Sehat suka makan buah pisang tidak?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi