Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penderita diabetes tidak boleh makan dengan sembarangan karena bisa memicu komplikasi kesehatan seperti amputasi pada anggota badan tertentu atau bahkan masalah kesehatan pada organ-organ dalam tubuh yang bisa saja mematikan. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, bolehkah penderita diabetes makan cokelat?

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Cokelat?

Dikutip dari Healthy Eating SF Gate, pakar kesehatan menyarankan setiap penderita diabetes untuk bertanya terlebih dahulu pada dokter jika ragu untuk mengonsumsi makanan tertentu, termasuk cokelat. Jika mereka diperbolehkan untuk mengonsumsi cokelat, mereka juga harus bertanya tentang seberapa banyak porsi cokelat atau jenis cokelat apa yang dianggap aman bagi kondisi kesehatannya.

American Diabetes Association berkata bahwa beberapa jenis cokelat seperti dark chocolate dianggap bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes. Dark chocolate memiliki kandungan polifenol yang bisa berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mencegah penyakit jantung sekaligus menurunkan level glukosa dalam darah.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk memilih dark chocolate dengan kandungan kakao lebih dari 70 persen. Dengan mengonsumsinya, maka penderita diabetes akan menurunkan tekanan darah dan resistensi insulin.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris dan dipublikasikan dalam jurnal Diabetic Medicine tahun 2010 lalu, disebutkan bahwa penderita diabetes yang rutin mengonsumsi cokelat dengan kandungan kakao tinggi selama 16 pekan mengalami penurunan kadar koleterol total dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Lantas, bagaimana dengan milk chocolate? Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk berhati-hati saat mengonsumsinya karena bisa jadi memiliki kandungan gula atau kalori total yang tinggi. Padahal, kedua hal inilah yang bisa membuat glukosa di dalam tubuh penderita diabetes menjadi tak terkendali.

Kalau Sobat Sehat paling suka dengan cokelat jenis apa?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi