Bolehkah Minum Teh Sebelum Tidur?

teh-rosella-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Karena memiliki kandungan kafein sebagaimana kopi yang disebut-sebut bisa membuat kita sulit untuk mengantuk, banyak orang yang memilih untuk menghindari konsumsi teh sebelum tidur. Sebenarnya, apakah memang kita sebaiknya tidak minum teh di malam hari?

Dilansir dari jpnn, bisa jadi teh justru tidak akan memicu gangguan tidur. Bahkan, menurut penelitian, terdapat sebuah teh yang justru bisa membantu mengatasi masalah susah tidur, teh tersebut adalah teh chamomile.

Teh chamomile memiliki kandungan yang bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah mengantuk. Kandungan ini ini memiliki efek seperti obat benzodiazepin yang bisa menenangkan pikiran dan fisik sehingga kita pun akan lebih cepat untuk terlelap.

Sebagai informasi, kandungan apigenin yang ada di dalam flavonoid pada teh chamomile bisa saling terikat dengan reseptor benzodiazepin yang ada dalam otak. Hal inilah yang kemudian bisa membuat pikiran dan tubuh kita menjadi lebih rileks.

Tak hanya diminum dalam bentuk teh hangat, teh chamomile kini juga bisa ditemukan dalam bentuk aromaterapi. Jika kita menerapkan aromaterapi dengan teh ini di dalam rumah, khususnya kamar tidur, maka kita tentu akan mengatasi masalah insomnia dan bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Hanya saja, bukan berarti kita menggantungkan minum teh saja demi mengatasi masalah susah tidur. Ada baiknya kita juga melakukan hal-hal lainnya seperti memastikan tempat tidur berada dalam kondisi bersih, rapi, dan nyaman, membuat kondisi cahaya kamar tidur menjadi lebih redup yang bisa membantu mata lebih mudah mengantuk, serta memastikan bahwa di tempat tidur tidak ada nyamuk atau serangga yang bisa mengganggu.

Melihat adanya fakta ini, tidak perlu ragu untuk meminum teh chamomile sebelum tidur. Minuman ini justru bisa membantu kita tidur lebih nyenyak.