Bolehkah Mengonsumsi Bawang Putih Mentah?

DokterSehat.Com– Apa yang biasanya Anda buat dari bawang putih? Bawang putih tentu sangat lazim untuk digunakan sebagai bumbu penyedap masakan sehingga kita mengonsumsinya dalam keadaan matang. Kira-kira, amankah jika kita mengonsumsi bawang mentah atau secara langsung?

Bawang putih ternyata tidak hanya sekedar bumbu masakan, berbagai manfaat dari senyawa yang ada di bawang putih terbukti ampuh memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat ini umumnya memang kita peroleh dalam berbagai bentuk dan olahan bawang putih. Mulai dari ekstrak, bubuk, bawang putih dalam masakan dan bawang putih mentah.

Bawang Putih Boleh Dikonsumsi Langsung

Ya, meskipun tidak umum, namun ternyata bawang putih boleh-boleh saja kita konsumsi langsung tanpa harus melalui proses pemasakan. Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan senyawa fitokimia yang ada pada bawang putih justru rentan hilang dengan adanya proses pengolahan, baik suhu panas atau metode pengolahan lain.

Dengan mengonsumsi bawang putih mentah maka kandungan senyawa yang ada pada bawang putih bisa kita dapatkan secara alami dan maksimal kandungannya.

Manfaat Konsumsi Bawang Putih Mentah

Beberapa hasil penelitian menganjurkan konsumsi bawang putih secara langsung, sebanyak 5-8 siung ukuran sedang, dalam 2-3 kali dalam satu minggu. Konsumsi bawang putih dengan air hangat juga kerap dianjurkan.

Hal ini terbukti mampu memberikan manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh yaitu:

  • Menurunkan kolesterol
    dengan memperbanyak kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh
  • Mencegah tekanan darah tinggi
    senyawa pada bawang putih mampu melancarkan pembuluh darah
  • Mencegah penyakit jantung
    dengan terkontrolnya kolesterol dan tekanan darah
  • Mencegah penyakit pada saraf otak, alzheimer dan demensia dapat dicegah dengan kandungan sistein dan antioksidan pada bawang putih.

Nah, melihat adanya manfaat di atas, tertarikkah Anda mengonsumsi bawang putih mentah?