Terbit: 4 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bepergian dengan pesawat tentu pilihan yang praktis dan nyaman untuk bepergian jarak jauh. Namun jika Anda bepergian dengan bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajak bayi Anda untuk bepergian menggunakan pesawat terbang.

Bolehkah Mengajak Bayi Bepergian Dengan Pesawat Terbang?

Photo Credit: baby-center.club

Selain mempertimbangkan jarak, waktu dan lama penerbangan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajak bayi Anda bepergian dengan pesawat, seperti dilansir dari mayoclinic berikut ini:

Umur bayi
Doktor anak Anda mungkin tidak akan menyarankan bayi Anda untuk melakukan perjalanan jauh selama 1 bulan pertama. Hal ini disebabkan karena bayi yang baru lahir perlu lingkungan stabil untuk adaptasi dengan kehidupan baru. Namun beberapa dokter anak menyatakan bahwa sebenarnya bayi yang berusia 2 minggu sudah bisa bepergian menggunakan pesawat, dengan catatan bayi tersebut tidak lahir prematur dan dalam kondisi sehat.

Tekanan telinga bayi
Tekanan udara dalam kabin selama penerbangan dapat berubah-ubah sehingga dapat memicu sakit telinga. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menyusui bayi Anda saat lepas landas dan mendarat. Pertimbangkan untuk menggunakan bola kapas, atau penyumbat telinga kecil untuk membatasi paparan bayi terhadap kebisingan saat lepas landas yang mungkin membuat bayi tidak nyaman.

Pernapasan bayi
Selama penerbangan, tekanan udara di kabin pesawat lebih rendah daripada tekanan di udara. Perubahan level oksigen ini tidak menimbulkan masalah bagi bayi yang sehat, namun jika bayi Anda memiliki masalah jantung atau paru-paru kronis, sebaiknya periksakan kondisi bayi Anda pada dokter anak sebelum terbang.

Pahami peraturan maskapai
Setiap maskapai memiliki peraturan berbeda seputar penumpang bayi. Ada yang membolehkan bayi melakukan perjalanan dengan pesawat saat berumur minimal 2 tahun, dan ada pula yang membolehkan saat bayi berumur minimal 2 minggu. Beberapa maskapai akan meminta surat keterangan medis dari dokter yang menyatakan bahwa bayi cukup sehat untuk terbang. Selama penerbangan, ada maskapai yang menyediakan bassinet untuk bayi Anda, namun saat lepas landas dan mendarat pramugari akan tetap meminta Anda untuk menggendong bayi Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi