Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang dengan enteng tetap mengkonsumsi buah yang sebelumnya digigit kelelawar. Alasan dari mengkonsumsi buah tersebut adalah kelelawar pandai memilih buah yang sudah matang atau terasa manis sehingga buah yang sudah digigit tersebut pastilah memiliki rasa yang enak. Sebenarnya, apakah memang tidak apa-apa jika mengkonsumsi buah sisa bekas gigitan kelelawar?

Bolehkah Makan Buah Sisa Bekas Gigitan Kelelawar?

Ahli hewan Prof. Drh Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PA Vet(K) yang berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengkonsumsi buah yang sudah dimakan kelelawar sebelumnya. Bisa jadi, kelelawar yang menggigitnya sudah membawa bibit penyakit yang kemudian disebarkan pada buah tersebut sehingga jika kita mengkonsumsinya, maka bisa jadi kita justru akan jatuh sakit. Salah satu bibit penyakit yang dibawa oleh kelelawar yang patut untuk diwaspadai adalah rabies. Karena alasan inilah jika kita sampai tergigit kelelawar, harus segera mengunjungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk mencegah datangnya rabies.

Hal yang sama berlaku pada konsumsi kelelawar sebagai obat-obatan. Meskipun banyak masyarakat yang percaya jika daging kelelawar bisa mengobati penyakit jantung, hingga saat ini belum ada penelitian medis yang membuktikan keampuhannya sehingga memang sebaiknya tidak sembarangan untuk dikonsumsi.

Tak hanya menghindari konsumsi buah yang sudah digigit oleh kelelawar, ada baiknya kita tidak melakukan kontak langsung pada hewan ini karena dikhawatirkan akan terpapar langsung sisa urine atau kotoran dari hewan ini yang bisa saja memiliki virus pembawa penyakit. Selain itu, pastikan untuk memakai masker dan sarung tangan jika akan menyentuhnya dan cuci tangan dengan sabun setelah melakukannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi