Bolehkah Kita Hanya Mengonsumsi Sedikit Sayur dan Buah?

doktersehat-makan
pic credit: joshua rappeneker

DokterSehat.Com– Kita tentu sudah tahu bahwa kita dianjurkan mengonsumsi banyak sayur dan buah, namun ternayata, ada lo kondisi dimana kita justru tidak boleh mengonsumsi buah dan sayur terlalu banyak.

Seperti yang kita ketahui, buah dan sayur merupakan bahan makanan yang kaya serat, dan serat merupakan zat gizi utama yang mendukung pencernaan tubuh kita.

Dengan terpenuhinya kebutuhan serat, maka pencernaan lebih lancar karena sisa pembuangan tubuh, atau feses, akan terkumpul dan tebentuk dengan lebih baik. Namun, pada beberapa kondisi, asupan serat yang berlebih tidak dianjurkan agar pencernaan tidak membentuk terlalu banyak feses.

Hal tersebut hanya boleh diterapkan pada beberapa kondisi medis, terkait pencernaan, dimana adanya feses akan menganggu fungsi pencernaan atau tindakan medis.

Menurut Mayo Clinic, contoh kondisi tersebut adalah menjelang operasi di bagian usus, adanya penyakit infeksi di pencernaan dan atau terapi radiasi yang bisa mengiritasi pencernaan.

Sehingga pencernaan kita dibuat tidak meninggalkan sisa, dengan tidak mengonsumsi serat dari buah dan sayur, bersamaan dengan pemilihan bahan makanan lain yang juga rendah serat, kondisi ini disebut dengan diet rendah serat.

Agar asupan serat kita tidak berlebihan, kita hanya dianjurkan untuk mengonsumsi:

  • Roti putih, tanpa tambahan biji atau kacang-kacangan, krakers
  • Tepung terigu dengan pengolahan, misalnya pancake
  • Buah dan sayur tanpa bulir
  • Telur, daging halus dan ikan
  • Susu dan olahan makanan dari susu, jika tidak alergi
  • Mentega dan atau margarin

Kondisi ini hanya diterapkan beberapa hari saja, jika kita telah selesai mengalami tindakan medis, maka kebutuhan serat harian tubuh harus tetap dipenuhi secara bertahap.

Selain kondisi diatas, kita tetap harus mengonsumsi banyak sayur dan buah, berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang, kita dianjurkan mengonusmi 400 gram buah dan sayur dalam sehari yang setara dengan 2-3 buah apel serta 10 sendok sayur, sayur berdaun yang direbus.

Nah, jadi selain karena kondisi medis, tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi sayur dan buah ya.