Terbit: 16 Juni 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bolehkah ibu hamil makan nangka? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan banyak wanita yang sedang mengandung. Simak penjelasan bagaimana dunia medis menjawab pertanyaan perihal nangka untuk ibu hamil berikut ini.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka? Cek Nutrisi dan Manfaatnya!

Kandungan Nutrisi Nangka

Sebelum menjawab pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nangka, hal penting yang harus diketahui adalah kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah yang memiliki daging berwarna kuning ini.

Kandungan yang terdapat pada nangka, antara lain:

  • Kalori.
  • Air.
  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Serat.
  • Lemak.
  • Asam folat.
  • Vitamin E.
  • Niasin.
  • Riboflavin.
  • Vitamin B6.
  • Tiamin.
  • Vitamin A.
  • Vitamin C.
  • Kalium.
  • Sodium.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Fosfor.
  • Magnesium.
  • Zinc.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Makan nangka saat hamil boleh asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang. Meski aman dikonsumsi, beberapa Bumil ada yang memercayai bahwa makan nangka saat hamil muda bisa menyebabkan keguguran, padahal hal tersebut adalah sesuatu yang tidak benar.

Terdapat mitos yang mengatakan ada makanan yang masuk kategori ‘panas’ atau ‘dingin’. Hal ini tidak mengacu pada suhu saat memasak tetapi efek yang dirasakan pada tubuh. Nangka dikatakan sebagai buah ‘penghasil panas’ yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Mitos tentang nangka yang menyebabkan keguguran dan nangka sebagai ‘penghasil panas’ membuat pertanyaan ‘bolehkah ibu hamil makan nangka’ selalu muncul dari tahun ke tahun. Satu-satunya alasan untuk menghindarinya adalah jika Anda mungkin alergi terhadap buah ini.

Kesimpulannya, ibu hamil bisa makan nangka dengan aman. Bahkan, nangka dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, sebagai buah matang atau diolah menjadi sayur nangka. Mengonsumsinya dalam bentuk keripik selama kehamilan juga pilihan yang aman, akan tetapi Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.

Manfaat Mengonsumsi Nangka untuk Ibu Hamil

Jika Anda ragu mengonsumsi nangka saat hamil, bacalah manfaatnya. Mengonsumsi nangka selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga dapat memberikan banyak nutrisi dan manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Membantu Mengatasi Maag

Makan nangka dalam jumlah yang tepat dapat membantu meringankan berbagai masalah perut yang sering dialami oleh ibu hamil, salah satunya adalah maag.

Perlu diketahui, setelah makanan turun ke lambung, otot kerongkongan seharusnya berkontraksi dan menutup saluran antara kerongkongan dan lambung. Kehamilan membuat otot kerongkongan cenderung melemah sehingga asam lambung mudah naik ke kerongkongan. Hal inilah yang membuat ibu hamil lebih mudah mengalami maag.

2. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Berbagai mineral yang terdapat pada nangka dapat membantu pertumbuhan janin. Nangka merupakan buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, folat, dan zat besi, di mana semua nutrisi tersebut membantu pembentukan organ-organ yang diperlukan oleh janin.

3. Membantu Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Peningkatan kadar tekanan darah ibu hamil dapat merugikan janin dan mengakibatkan berbagai komplikasi. Namun, dengan mengonsumsi makanan sehat seperti nangka, hal tersebut dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali dan memastikan ibu serta janin tetap sehat.

4. Membantu Mengatasi Kelelahan

Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, ibu hamil akan sering kelelahan karena semakin bertambahnya berat janin dan berat ibu. Keadaan ini dapat menyebabkan sulit tidur dan sering buang air kecil, yang kemudian menyebabkan rasa lelah.

Namun, dengan mengonsumsi buah yang sehat seperti nangka, hal tersebut dipercaya dapat memberi Anda tambahan energi sehingga mencegah kelelahan.

5. Merangsang Pencernaan

Sembelit dan masalah terkait pencernaan sering terjadi selama kehamilan. Jika Anda mengalami sembelit atau masalah pencernaan, Anda bisa mengonsumsi buah berserat seperti nangka untuk mengatasi masalah terkait pencernaan.

Kandungan serat dalam nangka dapat memenuhi hampir 10 persen dari asupan serat harian. Rutin mengonsumsi buah ini akan membantu memperlancar buang air besar, meredakan sembelit, dan mengoptimalkan proses pencernaan.

6. Membantu Menurunkan Stres

Bagian penting dari buah nangka yang memberikan manfaat untuk ibu hamil adalah bijinya. Biji nangka dipercaya dapat membantu menurunkan stres selama kehamilan. Manfaat ini diperoleh karena biji nangka mengandung protein dan berbagai mikronutrien yang dapat membantu mengelola stres. Selain makanan, cara lain yang bisa digunakan untuk menurunkan stres adalah meditasi atau yoga.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama selama kehamilan. Saat hamil, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan berbagai vitamin lainnya, salah satunya adalah nangka.

Baca Juga: 11 Jenis Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil

Kemungkinan Efek Samping Makan Nangka Selama Kehamilan

Meski nangka untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat, terdapat beberapa potensi risiko yang juga harus Anda waspadai, di antaranya:

  • Menyebabkan alergi. Jika Anda belum pernah makan nangka, kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk bereksperimen dengannya karena Anda tidak tahu apakah alergi terhadapnya.
  • Menyebabkan sakit perut. Konsumsi nangka yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare karena memiliki kandungan serat yang tinggi.
  • Mengentalkan darah. Jika Anda memiliki kelainan darah, hindari konsumsi buah ini selama kehamilan karena dapat meningkatkan pembekuan darah.
  • Meningkatkan kadar gula darah. Konsumsi nangka terkadang bisa membuat kadar gula wanita berfluktuasi. Oleh karena itu, buah ini sebaiknya dihindari oleh wanita yang memiliki diabetes gestasional.

Pada akhirnya, buah ini menawarkan lebih banyak manfaat ketimbang efek samping selama kehamilan. Agar Anda mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, hindari konsumsi dalam jumlah yang berlebihan karena dapat memengaruhi kesehatan.

Apa pun yang Anda makan, makanlah dalam jumlah sedang agar kondisi kesehatan tetap terjaga. Jika Anda ragu untuk memasukkan nangka ke dalam menu selama kehamilan, konsultasilah dengan dokter kandungan.

 

  1. Khan, Aliya. 2019. Eating Jackfruit During Pregnancy – Is it Safe?. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-jackfruit-during-pregnancy-is-it-safe/. (Diakses pada 16 Juni 2021).
  2. Malachi, Rebecca. 2021. Jackfruit During Pregnancy: 8 Benefits And 4 Side Effects. https://www.momjunction.com/articles/jackfruit-during-pregnancy_00355258/. (Diakses pada 16 Juni 2021).
  3. Waggott, Gina. Can Pregnant Women Eat Jackfruit? Is It Safe?. https://www.pregnancyfoodchecker.com/can-pregnant-women-eat-jackfruit-is-it-safe/. (Diakses pada 16 Juni 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi