Terbit: 12 Mei 2020 | Diperbarui: 18 Mei 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter


Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Mie instan sering dianggap tidak sehat untuk dikonsumsi bagi kebanyakan orang. Jika ibu hamil ngidam mie instan, tetapi makanan ini tidak memiliki kecukupan nutrisi bagi ibu dan janin, bagaimana dampaknya? Selengkapnya baca terus untuk mendapatkan jawabannya di bawah ini!



Kandungan Gizi Mie Instan

Bahan dasar mie terbuat dari tepung terigu, pati, minyak kelapa sawit, dan garam, sedangkan penyedapnya mengandung monosodium glutamat, bumbu, dan gula. Mie juga mengandung bahan pengawet yang disebut-sebut tidak baik bagi kesehatan.

Berikut adalah nilai gizi dari per 100 gram mie instan:

Nutrisi Nilai
Energi 1,895 kJ/kilojoule (453 kkal)
Karbohidrat 65 g
Serat makanan 2.4 g
Lemak 17 g
Lemak jenuh 7,6 g
Lemak tidak jenuh tunggal 6.5 g
Protein  9 g
Tiamin (B1) (61%) 0,7 mg
Riboflavin (B2) (33%) 0,4 mg
Niacin (B3) (36%) 5,4 mg
Folat (B9) (37%) 147 mikrogram
Zat Besi (33%) 4,3 mg
Kalium (3%) 120 mg
Sodium (77%) 1160 mg

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Mie instan memang masih menjadi salah satu makanan yang difavoritkan masyarakat Indonesia, meskipun kerap dianggap sebagai makanan yang kurang sehat. Hampir semua orang dari berbagai kalangan, usia, dan jenis kelamin menyukainya.

Sayangnya, cukup banyak ibu hamil yang ternyata juga sangat ingin mengonsumsi atau ngidam makan mie instan. Namun, keamanan mie instan bagi ibu dan janin dalam kandungan perlu dipertanyakan.

Meskipun menyajikan mie instan dapat ditambahkan beberapa bahan makanan yang sehat seperti telur, daging, sayuran, dan lain sebagainya, tetapi kandungan dalam mie seperti tepung olahan, garam, MSG, bahan pengawet, lemak trans, dan pewarna buatan, bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Nah, melihat adanya fakta ini, para ahli medis menyarankan sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi mie instan!

Dampak Buruk Mie Instan Bagi ibu Hamil

Terkait bolehkah ibu hamil makan mie instan sudah terjawab karena memiliki dampak buruk. Jika makan mie terlalu banyak dan sering, berikut ini adalah beberapa bahaya mie instan bagi ibu hamil:

1. Mie Instan Tidak Memiliki Nutrisi yang Cukup

Mie instan termasuk junk food karena mengandung karbohidrat dan lemak tingkat tinggi. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam sebungkus mie instan memiliki 350 kalori.

Meskipun kaya akan kalori yang bisa menjadi sumber energi, kandungan vitamin, protein, serat, dan mineral dalam mie instan sangat rendah. Padahal ibu hamil sangat membutuhkan berbagai macam nutrisi yang akan membantu menjaga kesehatan tubuhnya sekaligus mendukung perkembangan janin di dalam kandungan.

Ibu hamil sendiri membutuhkan 2.000 hingga 2.200 kalori setiap harinya. Selain itu, mereka juga membutuhkan asupan karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, dan lemak agar bisa mendukung perkembangan dan kesehatan kehamilan. Mie instan tidak akan mampu menyediakan sejumlah nutrisi tersebut.

2. Sembelit saat Kehamilan

Bahan utama mie instan adalah tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi karena telah kehilangan nutrisi selama proses pemurnian. Bahan ini juga sulit dicerna dan bertahan dalam sistem pencernaan dalam jangka waktu yang lebih lama. Tepung olahan juga rendah serat yang dapat menyebabkan sembelit pada kehamilan.

3. Meningkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Tak hanya miskin gizi, sebungkus mie instan ternyata cenderung kaya akan kandungan garam. Hal ini berarti, jika ibu hamil mengonsumsi mie instan terlalu sering, bisa jadi akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

4. Meningkatkan Risiko Preeklamsia

Hal yang menjadi masalah adalah, tekanan darah tinggi bisa berlanjut menjadi komplikasi bernama preeklampsia, kondisi yang sangat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Hingga saat ini, masih banyak kasus kematian ibu yang baru saja melahirkan karena disebabkan oleh masalah preeklampsia ini.

5. Menghambat Pertumbuhan Janin

Mie instan biasanya mengandung pewarna buatan dan zat tambahan rasa yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpan mie, tetapi ini dapat menghambat pertumbuhan janin dalam kandungan!

6. Berisiko untuk Kesehatan Janin

Monosodium Glutamat atau MSG dikenal sebagai bahan yang sering digunakan kebanyakan makanan, terutama camilan yang gurih. MSG dapat meningkatkan rasa makanan, sehingga digunakan dalam jumlah banyak dalam mie.

Sementara ibu hamil hanya dapat memproses sedikit MSG dalam tubuh. Jika terlalu banyak MSG dalam tubuh ibu hamil akan menimbulkan risiko kesehatan bagi janin. Jadi, ibu hamil harus menghindari mie instan dan makanan lain yang mengandung MSG.

7. Meningkatkan Kadar Kolesterol Selama Kehamilan

Lemak trans terkandung dalam makanan olahan memiliki jumlah yang banyak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol selama kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mie instan dan makanan olahan selama kehamilan.

Cara Memasak Mie Instan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Jika Bunda sangat mengidam makan mie instan, pastikan makan sesekali, jangan terlalu banyak, dan tidak sering. Ketika memasak mie instan, usahakan membuatnya lebih bergizi.

Berikut ini cara membuat mie instan yang sehat:

  • Menambahkan sayuran rebus dalam jumlah yang banyak, seperti kacang polong, tomat, paprika, kentang, bayam, pak choy, wortel, atau sayuran lainnya.
  • Menambahkan telur rebus, daging ayam, udang, atau bakso ikan.
  • Menggunakan bumbu atau garam setengahnya dari jumlah dalam kemasan.
  • Menggunakan minyak setengahnya atau tidak lebih dari satu sendok.

_

Itu dia jawaban terkait pertanyan bolehkah ibu hamil makan mie instan, bahaya mie instan bagi ibu hamil, dan cara memasak mie instan yang sehat. Jika Bunda tetap ingin makan mie instan saat hamil, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter demi menjaga kesehatan ibu dan janin!

 

  1. Tanpa Tahun. Hor, Jennifer. Is it safe to eat instant noodles during pregnancy?. https://www.babycenter.com.my/x1026400/is-it-safe-to-eat-instant-noodles-during-pregnancy#ixzz4XDX8jZto. (Diakses pada 15 Mei 2020)
  2. Charushila. 2019. Is It Safe To Eat Instant Noodles During Pregnancy?. https://www.momjunction.com/articles/safe-eat-noodles-pregnancy_0080671/#gref. (Diakses pada 15 Mei 2020)
  3. Nair, Anisha. 2019. Is it Safe to Eat Instant Noodles During Pregnancy?. https://parenting.firstcry.com/articles/is-eating-noodles-during-pregnancy-safe/. (Diakses pada 15 Mei 2020)



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi