Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat hamil, ibu tentu ingin tetap tampil cantik dan menarik. Kadang kala ibu merasa perlu menggunakan sepatu hak tinggi (high heels) agar lebih percaya diri. Hal ini sering menimbulkan pertanyaan, bolehkah menggunakan high heels saat hamil?

Bolehkah Hamil Menggunakan Sepatu High Heels?

Risiko ibu hamil mengenakan high heels

Saat hamil, banyak perubahan yang terjadi di tubuh perempuan. Seiring dengan usia kehamilan semakin besar, memakai high heels dapat meningkatkan risiko cedera pada ibu hamil. Dilansir dari Mom Junction, ada beberapa risiko yang dapat dialami ibu hamil jika sering menggunakan sepatu hak tinggi:

1. Kram betis
Ketika Anda menggunakan sepatu high heels cukup lama, otot betis Anda berada dalam posisi tegang atau tertarik. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya kram betis yang mungkin akan mengganggu aktivitas Anda saat hamil.

2. Sakit punggung
Saat mengenakan hak tinggi, otot panggul Anda akan condong ke depan sehingga tubuh Anda dapat berdiri lebih tegak. Jika Anda menggunakan heels di saat usia kehamilan semakin besar, bagian panggul dan tulang belakang Anda akan mendapat tekanan lebih besar sehingga dapat menyebabkan nyeri di sekitar sendi dan ligamen punggung dan daerah panggul.

3. Hilang keseimbangan
Menggunakan high heels saat hamil dapat memengaruhi kekuatan pergelangan kaki Anda yang berkurang karena perubahan berat badan dan hormon tubuh. Menggunakan high heels berisiko membuat Anda kehilangan keseimbangan sehingga Anda mudah terjatuh dan cedera. Tentunya hal ini membahayakan bagi Anda dan janin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Selain ketiga risiko di atas, menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil juga dapat menyebabkan kaki menjadi bengkak dan nyeri di sepanjang kaki.

Tips menggunakan high heels saat hamil

Sebenarnya tidak ada aturan yang melarang bahwa ibu hamil menggunakan high heels. Namun sebaiknya Anda tidak memaksakan diri menggunakan high heels saat kehamilan memasuki trimester ketiga.

“Tidak masalah jika ingin menggunakan high heels di awal kehamilan. Sepatu hak tinggi memang seksi namun menggunakannya di trimester ketika dapat menyebabkan sakit punggung dan risiko tersebut dapat membahayakan ibu dan bayi,” jelas Hukda Hutcherson, MD, profesor obstetrik dan ginekologi di Columbia University Medical Center seperti dikutip dari The Bump.

Tips lain yang bisa Anda coba antara lain:
1. Beri kaki Anda istirahat
Hindari menggunakan sepatu high heels terlalu lama. Jika Anda mulai merasakan keluhan di kaki, segera ganti sepatu Anda dengan sepatu berhak datar atau flat.

2. Pilih sepatu yang nyaman dan tepat
Hindari menggunakan sepatu yang memiliki hak ramping seperti stiletto atau platfrom shoes. Semakin ramping hak sepatu Anda maka semakin sedikit kekuatan sepatu untuk menopang tubuh Anda.

3. Hindari berdiri terlalu lama
Jika Anda sedang berada dalam suatu acara tertentu, hindari berdiri atau berjalan terlalu lama menggunakan sepatu high heels. Imbangi dengan duduk agar kaki Anda tetap nyaman dan kesehatan janin Anda tidak terganggu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi