Terbit: 25 April 2018 | Diperbarui: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bayi umumnya mandi dengan menggunakan air hangat. Banyak yang beranggapan bahwa bayi tidak boleh mandi dengan air dingin karena dapat menyebabkan bayi kedinginan lalu terkena beberapa penyakit seperti pilek atau masuk angin. Benarkah demikian?

Bolehkah Bayi Mandi Air Dingin?

Manfaat bayi mandi air dingin

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa mandi air dingin, termasuk bagi bayi, dapat membantu meningkatkan jumlah darah sel putih bila dibandingkan dengan mandi air hangat. Dengan demikian mandi air dingin dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu mandi air dingin juga dapat membuat tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk menghangatkan badan.

Kapan bayi boleh mandi air dingin?

Jika mandi air dingin memiliki banyak manfaat bagi bayi, lalu kapan bayi boleh mandi denagn air dingin? Mengenai hal ini terdapat perbedaan pendapat dari para ahli. Dr. Jerome Valletaau de Moulliac, dokter anak asal Perancis menyebutkan bahwa bayi bisa mandi dengan air dingin setelah berusia 2 bulan ke atas. Pada usia tersebut anak dianggap sudah mulai bisa beradaptasi dengan kondisi sekitarnya. Sedangkan pendapat lain menyebutkan bahwa bayi sebaiknya diperkenalkan pada air dingin setelah menginjak usia 4-6 bulan.

Tips memandikan bayi dengan air dingin

Bagi Anda yang ingin memandikan bayi dengan air dingin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Pastikan bayi dalam kondisi sehat.
2. Bayi tidak lahir dalam kondisi prematur. Bayi prematur memiliki kulit yang lebih tipis danbutuh waktu lama untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga dikhawatirkan bayi mengalami hipotermia.
3. Jangan langsung memandikan bayi dengan air dingin. Sebaiknya Anda memandikan bayi dengan suhu air bertahap mulai dari air hangat lalu pelan-pelan beralih ke air dingin.
4. Jangan memandikan bayi terlalu lama. Para pakar menyarankan waktu ideal bagi bayi mandi dengan air dingin adalah sekitar 10-15 menit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi