Boleh Seberapa Lama Menyimpan Makanan Dalam Kulkas?

doktersehat-kulkas-lemari-es

DokterSehat.Com– Menyimpan makanan di dalam kulkas tentu menjadi pilihan tepat untuk menjaga kualitas makanan. Umumnya kita juga menyimpan bahan makanan makanan untuk persediaan hingga beberapa hari ke depan. Namun, hingga seberapa makanan tersebut boleh disimpan dalam kulkas?

Bahan makanan yang umum kita simpan dalam jumlah banyak di kulkas umumnya adalah bahan makanan hewani, misalnya daging, ikan atau telur, yang umumnya masih dalam keadaan mentah saat kita beli.

Bahan makanan tersebut kemudian umumnya kita simpan dalam frezeer atau kulkas.

Lazimnya, bahan makanan yang disimpan dalam kulkas, selama masih dalam batas kedaluwarsa yang tertera pada kemasan atau label bahan makanan, dan makanan disimpan pada suhu beku yang tepat, maka bahan tersebut masih berada dalam kualitas yang baik.

Namun tentu penting bagi kita mengetahui berapa lama sebaiknya menyimpan bahan makanan hewani dalam kulkas atau frezeer agar kualitas bahan makanan kita tetap terjaga.

Menurut US Food Drug Administration, batasan waktu menyimpan bahan makanan hewani dalam kulkas atau frezeer adalah:

  1. Daging

  2. Daging merah, misalnya daging sapi atau kambing akan terjaga kualitasnya jika disimpan selama 5 hari, dan 3-6 bulan pada frezeer.

  3. Daging unggas

  4. Daging ayam atau bebek bisa disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari, dan hingga 6 bulan dalam frezeer.

  5. Ikan

  6. Ikan boleh disimpan selama 3-4 hari dalam kulkas, dan kualitasnya masih baik jika disimpan dalam frezeer selama 3-6 bulan.

  7. Telur segar

  8. Telur masih berkualitas baik selama disimpan dalam kulkas hingga 5 minggu, sedangkan penyimpanan telur dalam frezeer tidak dianjurkan.

Rentang waktu yang dianjurkan di atas dihitung sejak hari kita membeli bahan makanan. Sehingga sebaiknya kita membeli bahan makanan dalam keadaan segar dan segera menyimpannya dalam suhu yang tepat sesuai dengan rencana penggunaan.

Jadi, kini Anda sudah tahu seberapa lama kita boleh menyimpan bahan makanan dalam kulkas agar kualitasnya tetap terjaga, kan?