Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kehidupan seorang pengusaha sukses umumnya melompati zona kenyamanan dan mengajar dirinya untuk melangkah lebih jauh. Akibatnya, ini adalah salah satu garis pekerjaan yang paling menegangkan yang bisa dipilih seorang pengusaha.

Oprah-Winfrey-doktersehat

Photo Credit: flickr.com

Meditasi, seperti dilansir dari Business First Magazine, secara ilmiah terbukti menawarkan istirahat lebih baik daripada tidur dan diketahui dapat meningkatkan kreativitas, produktivitas, ketenangan dan kebahagiaan.

Dokter merekomendasikan agar pasien berlatih meditasi secara teratur karena terbukti bisa mengurangi stres dan kecemasan.

Stevie Rose, seorang pendiri Meditation Revolution telah berpengalaman tiga dekade berlatih meditasi. Meditasi dapat meningkatkan produktivitas, menenangkan kecemasan dan mengubah hidup mereka. Meditasi bekerja dengan memicu respons relaksasi, membantu menurunkan denyut jantung, tekanan darah dan mengurangi hormon penghasil stres.

“Pengusaha biasanya orang yang sangat sibuk yang sering dipaksa untuk fokus pada banyak detail sekaligus. Pada saat yang sama, mereka sering menjadi kreatif, ‘gambaran besar’ yang melompat dari satu ide ke gagasan berikutnya. Tidak mengherankan mereka sering berjuang melawan insomnia, kegelisahan, pemikiran negatif dan sejumlah isu yang bersumber dari sana, “kata Stevie.

“Meditasi telah terbukti meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan pikiran positif dan mengurangi stres, menjadikannya bahan utama kesuksesan kewirausahaan,” Stevie menambahkan.

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Steve Jobs, Oprah Winfrey dan Arianna Huffington hanyalah segelintir meditator yang terkenal. Sebenarnya, Huffington pernah menulis, “Pengurangan stres dan perhatian penuh tidak hanya membuat kita lebih bahagia dan lebih sehat, itu adalah keunggulan kompetitif yang terbukti untuk bisnis apa pun yang menginginkannya.”

 

Kim Liddell, Founder and Managing Director of Non Destructive Excavations Australia, tahu betul bagaimana seorang wirausahawan mengalami. Kim mendirikan bisnis 11 tahun yang lalu dan timnya adalah pemimpin dunia dalam keselamatan bawah tanah. Dia bekerja untuk membesarkan keluarga mudanya dan menghubungkan sikap tenangnya dengan meditasi.

“Saya telah berkecimpung dalam berbagai bentuk meditasi selama beberapa dekade tapi selama setahun terakhir saya telah menjadikan latihan saya menjadi rutinitas sehari-hari yang membawa kedamaian dan lepas,” kata Kim.

“Perjalanan wirausaha adalah rollercoaster yang tinggi dan rendah dan terkadang sangat menuntut dan menegangkan. Meditasi menyediakan sebuah proses untuk menenangkan dan membersihkan pikiran, mengurangi stres dan kecemasan dan mempertahankan kehadiran,” tambahnya.

Kim juga merupakan pelatih untuk program akselerator dalam Organisasi Pengusaha dan Stevie mengadakan lokakarya meditasi untuk kelompok tersebut.

“Kelompok ini mencari cara untuk membantu memperlambat kehidupan sibuk mereka, mengurangi stres dan menjadi lebih hadir. Meditasi terbukti membantu semua masalah di dunia sekarang ini. Mereka sangat antusias untuk mengeksplorasi penerapan mediasi praktis dan Stevie adalah seorang guru yang brilian,” Kim menambahkan.

5 Tips Stevie untuk Pengusaha memulai Meditasi Secara Teratur:

  • “Jadikan meditasi, seperti bisnis, dan prioritas. Mulailah hari Anda dengan meditasi selama 10 menit sebelum Anda memulai menjalani ugas. Dengan cara ini Anda mengatur diri Anda dengan pola pikir yang benar untuk mengatasi dan merangkul hari ke depan.”
  • “Meditasi adalah untuk uang, pola pikir yang sehat, tubuh yang kuat, fokus yang ditentukan, kejelasan dan ringkas. Mulailah waktu meditasi di buku harian Anda dan jangan kompromi dengan latihan Anda. Usahakan minimal 10 menit setiap pagi sebelum pukul 7 pagi dan 10 menit setiap sore sebelum pukul 6 sore.”
  • “Dapatkan keuntungan. Tawarkan meditasi kepada tenaga kerja Anda untuk lingkungan yang lebih produktif dan bebas stres. Kemudian sertakan satu sesi meditasi keluar setiap minggu. Anda, staf dan klien akan mendapatkan keuntungannya “
  • “Ikuti naluri Anda. Praktik meditasi akan memberi Anda wawasan dan intuisi yang sering diberhentikan atau diabaikan dalam dunia bisnis. Mulailah mendengarkan hikmat batin Anda untuk perspektif yang lebih luas dan mendalam.”
  • “Berinvestasi melalui seorang guru. Sewaktu Anda berinvestasi dalam kursus pengembangan pribadi dan pelatih, cari seorang guru yang dapat Anda hubungi untuk mendukung latihan meditasi Anda, memdapatkan nasihat dan menyempurnakannya.”

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi