Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang tua memang harus selalu memperhatikan anaknya saat melakukan berbagai aktivitas, khususnya jika anak ini masih berusia di bawah lima tahun. Sebagai contoh, seorang anak berusia 4 tahun dari India ini harus dilarikan ke rumah sakit karena tanpa sengaja menelan peluit. Tak hanya suaranya menjadi aneh karena bersiul layaknya peluit setiap kali bernapas, sang anak juga kesakitan akibat adanya peluit yang terjebak di saluran pernapasannya.

Telan Peluit, Suara Bocah Ini Jadi Aneh

Dilansir dari New York Post, kasus sang bocah dilaporkan dalam New England Journal of Medicine. Sang dokter yang memeriksa kondisi sang bocah melakukan prosedur pemindaian sinar X pada dadanya. Hasilnya adalah, paru-paru bagian kirinya mengalami hiperinflasi dan memiliki ukuran yang sangat besar. Kondisi ini memang sering terjadi jika saluran pernapasan tersumbat.

Setelah melakukan prosedur bronkospi dengan cara memasukkan tabung khusus ke tenggorokan dan paru-paru sang bocah, barulah diketahui bahwa di bagian bronkus atau saluran udara menuju paru-paru terdapat peluit mainan.

Setelah menelan peluit, sang bocah langsung mengalami gejala batuk-batuk. Setelahnya, kondisinya semakin parah dan suaranya menjadi mirip seperti peluit yang bersiul setiap kali memasukkan atau mengeluarkan udara. Beruntung, peluit ini bisa diangkat dan kondisi saluran pernapasan dan paru-parunya kembali normal.

Dalam realitanya, anak-anak terkadang menelan apapun yang dipegangnya, apalagi jika ukuran benda yang dipegang cukup kecil dan bisa masuk ke dalam mulut. Karena alasan inilah sebaiknya orang tua tidak pernah meninggalkan anaknya sendirian, apalagi jika di sekitarnya ada benda-benda yang bisa membuatnya tersedak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi