Terbit: 18 Desember 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bagaimana cara menghilangkan blackhead? Blackhead adalah komedo hitam yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit namun bisa diatasi dengan penggunaan pembersih kulit atau produk perawatan kulit sederhana. 

Blackhead (Komedo Hitam): Penyebab dan 15 Cara Menghilangkannya

Apa Itu Blackhead?

Blackhead adalah komedo hitam yang timbul di permukaan kulit akibat penyumbatan folikel rambut oleh sel-sel kulit mati atau sebum (zat minyak) berlebih. Sel-sel kulit mati di dalam pori-pori yang tersumbat terbuka dan bereaksi dengan udara, sel-sel kulit mati pun teroksidasi dan berubah menjadi hitam. 

Komedo hitam termasuk jenis jerawat namun kulit tidak mengalami peradangan sehingga tidak menyebabkan sakit atau nyeri. Komedo hitam bisa juga menjadi tanda-tanda akan muncul jerawat. Blackhead paling sering muncul di kulit wajah, namun bisa juga mengenai kulit leher, punggung, bahu, lengan, atau area kulit dengan folikel rambut yang banyak. 

Ciri-Ciri Blackhead 

Tanda komedo hitam bisa terlihat jelas di permukaan kulit, yaitu bintik-bintik hitam yang sedikit menonjol. Bintik-bintik hitam umumnya muncul di pipi dan hidung. 

Komedo hitam tidak menyakitkan seperti jerawat atau pustula, namun menyebabkan noda-noda hitam yang mudah terlihat. Komedo hitam memengaruhi penampilan wajah dan sering kali membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. 

Penyebab Blackhead (Komedo Hitam)

Penyebab komedo hitam adalah penyumbatan pori-pori kulit (folikel rambut) oleh sel-sel kulit mati dan sebum berlebih. Ketika sumbatan kulit bagian atas terbuka dan teroksidasi oleh udara, itu akan menyebabkan komedo hitam. Bila kulit di atas benjolan komedo tertutup, maka itu disebut komedo putih. 

Berikut ini beberapa faktor lain yang menyebabkan komedo hitam:

  • Produksi kelenjar sebaceous terlalu banyak. 
  • Penumpukan sel-sel kulit mati. 
  • Iritasi pada folikel rambut. 
  • Perubahan hormonal, misalnya saat masa menstruasi pada wanita dan masa pubertas baik pada laki-laki atau wanita. 
  • Efek dari penggunaan pil KB atau obat-obatan tertentu seperti kortikosteroid, litium, androgen, atau obat yang mempercepat pergantian sel kulit.
  • Produksi keringat yang berlebihan. 
  • Penumpukan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. 
  • Kulit terlalu lembap atau pada lekungan tubuh yang lebih berkeringat dan lembap. 
  • Aktivitas apa pun yang dapat membuka folikel rambut seperti bercukur, menggosok kulit terlalu kuat, atau memencet komedo. 
  • Penyumbatan pori-pori akibat penggunaan kosmetik tertentu. 
  • Pengaruh stres jangka panjang. 

Selain itu, asupan makanan tinggi gula dan produk susu juga diduga dapat memicu komedo dan jerawat, namun belum ada penelitian yang membuktikan hubungan tersebut.

Cara Menghilangkan Blackhead (Komedo Hitam) secara Alami 

Blackhead adalah komedo hitam, masalah kulit umum yang mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang. Sebagian besar masalah komedo bisa diatasi dengan mudah dengan perawatan di rumah atau menggunakan produk perawatan kulit yang dijual bebas. 

Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo hitam secara alami: 

1. Bersihkan Wajah

Bersihkan wajah secara teratur untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan sebum yang berlebihan. Anda dapat menggunakan scrub khusus untuk eksfoliasi kulit dua kali seminggu, jangan terlalu sering karena dapat membuat kulit kering. Cari produk eksfoliasi kulit yang bebas pewangi, memiliki tekstur lembut, dan cocok untuk jenis kulit Anda atau kulit sensitif. 

2. Bersihkan Sisa Kosmetik

Bila menggunakan riasan, mohon bersihkan dengan benar sebelum tidur. Penumpukan sisi kosmetik di kulit dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati dan penyumbatan pori-pori kulit. Anda bisa menggunakan micellar water untuk membersihkan kulit dengan mudah, efektif, dan cepat. 

3. Istirahat yang Cukup 

Istirahat yang cukup, 6-8 jam untuk orang dewasa. Selain itu, berikan kulit istirahat dengan menghapus mekap, gunakan pelembap, atau berikan nutrisi untuk kulit dari lulur buah alami agar kulit selalu sehat dan segar. Istirahat dan perawatan kulit yang benar juga dapat mengurangi tingkat stres yang memicu masalah kulit seperti komedo dan jerawat. 

4. Jaga Pola Makan 

Kabarnya, konsumsi gorengan dan cokelat dapat memicu jerawat dan komedo. Walaupun belum ada penelitian yang membuktikannya, Anda bisa mengurangi asupan gorengan dan menjaga pola makan sehat dengan konsumsi sayur dan buah secara rutin.

Sayur dan buah tentu saja mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, D, dan E yang bagus untuk kulit. Pelajari lebih banyak tentang vitamin untuk kulit di sini. 

5. Gunakan Produk Perawatan Kulit 

Salah satu cara mudah dan cepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan pore pack komedo, yaitu plester dengan zat lengket yang ditempelkan di hidung atau bagian kulit berkomedo lainnya. Lepaskan plester setelah beberapa menit, komdeo akan menempel di plester tersebut. 

Cari produk pore pack yang mengandung dimethylaminoethanol (DMAE), vitamin A, hypoallergenic, dan tambahan kandungan lain seperti tree tea oil, charcoal, ekstrak aloe vera, atau ekstrak hazel. Walaupun demikian, pore pack komedo bisa mengiritasi kulit jadi Anda harus tetap hati-hati. 

6. Gunakan Skin Brush 

Anda mungkin bisa menggunakan skin brush atau sikat khusus kulit untuk melepaskan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Gunakan scrub khusus eksfoliasi dengan tekstur lembut. Setelah selesai, gunakan pelembap agar kulit tidak kering. 

7. Gunakan Produk Nonkomedogenik

Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang termasuk produk nonkomedogenik. Produk nonkomedogenik adalah produk bebas minyak sehingga tidak akan menambah risiko penyumbatan pori-pori. Sekarang ini, banyak produk pembersih wajah, pelembap, dan kosmetik nonkomedogenik. 

8. Obat Bebas 

Obat bebas atau obat over-the-counter (OTC) dalam bentuk krim atau gel yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol biasa digunakan untuk mengatasi komedo dan jerawat. Cara kerja obat tersebut dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, mengelupas sel-sel kulit mati, dan menguras minyak berlebih dari lapisan kulit. 

Baca Juga: 15 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Blackhead secara Medis 

Bila gejala komedo hitam bertambah banyak dan mengurangi kepercayaan diri Anda. Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo hitam secara medis: 

1. Asam Salisilat

Asam salisilat sebenarnya kandungan salep atau krim kulit yang aman Anda pakai tanpa resep dokter. Walaupun begitu, sebaiknya minta resep krim asam salisilat langsung ke dokter kulit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Asam salisilat yang dijual bebas memiliki kekuatan 0,5% hingga 5%, beberapa orang mungkin akan mengalami reaksi atau iritasi kulit karena kadungan yang terlalu kelas. Maka dari itu, resep krim kulit dari dokter lebih baik. 

2. Krim dan Losion Retinoid

Retinoid adalah turunan vitamin A yang bagus untuk kulit. Manfaat retinoid untuk meregenerasi sel-sel kulit baru, membuka pori-pori, dan membersihkan sel-sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih bersih dan sehat. Pelajari lebih lanjut fungsi dan cara kerja retinoid di sini

3. Komedo Removal 

Cara menghilangkan blackhead dengan alat khusus yang bernama ekstraktor yang bekerja dengan cara berputar-putar pada permukaan kulit untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang tersumbat. Setelah itu, komedo akan dikeluarkan secara manual dan keseluruhan. Sebaiknya lakukan prosedur ini di dokter kulit. 

4. Obat Resep 

Anda mungkin butuh obat kulit resep dengan dosis yang lebih kuat bila obat bebas tidak ampuh menghilangkan komedo dan jerawat. Obat-obatan resep untuk kulit biasanya mengandung vitamin A, benzoyl peroxide, antibiotik, tretinoin, tazarotene, atau, adapalene.

5. Mikrodermabrasi

Dokter akan ‘mengampelas’ kulit dengan alat khusus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan penyumbatan akibat sebum berlebih atau penumpukan kotoran lainnya. Ketahui lebih lanjut metode dermabrasi di sini

6. Chemical Peels

Chemical peels adalah proses eksfoliasi kulit dengan bahan-bahan kimia. Selama proses chemical peels, lapisan kulit paling atas akan dikupas sehingga regenerasi kulit baru tumbuh agar kulit menjadi lebih bersih serta lembut. Ada beberapa jenis chemical peels, ketahui di sini

7. Terapi Laser dan Cahaya

Perawatan kulit dengan terapi laser, yaitu berkas cahaya sangat kecil yang difokuskan untuk membunuh bakteri di bawah permukaan kulit. Secara keseluruhan, terapi laser kulit dapat mengatasi hampir seluruh masalah kulit termasuk komedo hitam, jerawat, kerutan, noda hitam, dan lainnya. 

Itulah pembahasan tentang blackhead atau komedo hitam. Ada cara alami dan medis untuk mengatasinya. Sebagian besar masalah komedo bisa bersih dengan perawatan kulit secara rutin. Bila tidak, konsultasi ke dokter kulit atau dermatologi. 

 

  1. Felman, Adam. 2017. Everything you need to know about blackheads. https://www.medicalnewstoday.com/articles/71615#treatment_dos_donts. (Diakses pada 18 Desember 2020). 
  2. McGurgan, Holly. 2019. Blackheads. https://www.healthline.com/health/blackheads. (Diakses pada 18 Desember 2020). 
  3. Web MD. 2020. How to Get Rid of Blackheads. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/how-get-rid-blackheads#1. (Diakses pada 18 Desember 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi