Terbit: 8 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Black seed oil atau yang juga dikenal dengan kalonji merupakan salah satu bahan alami yang kerap digunakan dalam beragam perawatan tradisional. Apalagi black seed oil sendiri memiliki kandungan bahan aktif yang cukup beragam. Usut punya usut, black seed oil sendiri dilengkapi dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Tidak heran jika minyak esensial satu ini dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut secara optimal.

Manfaat Black Seed Oil untuk Rambut

1. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Dilansir dari laman Curejoy, black seed oil ternyata mengandung thymoquinone yang juga dilengkapi dengan kandungan zat anti peradangan dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut ternyata menjaga kulit kepala dalam kondisi sehat yang juga membantu mempercepat proses pertumbuhan rambut.

2. Mencegah Uban

Tidak hanya mampu menstimulasi pertumbuhan rambut, menggunakan minyak kalonji atau black seed oil ternyata juga dapat mencegah munculnya rambut beruban. Apalagi rambut beruban merupakan salah satu pertanda dari penuaan. Sedangkan antioksidan merupakan zat aktif yang ampuh dalam melawan penuaan serta memperkuat sel-sel kulit kepala dan rambut.

3. Membasmi Ketombe

Anda yang saat ini tengah berjuang mengatasi ketombe juga dapat mengatasinya menggunakan minyak kalonji. Minyak satu ini ternyata juga dilengkapi dengan kandungan bahan antiseptik yang menjaga kulit kepala tetap steril. Apalagi kebanyakan ketombe disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri pada kulit kepala.

Siapa yang akan menyangka jika minyak dari black seed atau kalonji sendiri ternyata memiliki kandungan bahan aktif yang cukup beragam. Bahkan, minyak satu ini dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut secara aman dan alami. Nah, Anda dapat menggunakan minyak kalonji secara langsung atau pun mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya untuk memberikan hasil optimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi