Terbit: 19 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Black cumin seed atau yang juga dikenal Al oleh masyarakat Indonesia sebagai jinten hitam merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Mengenal Manfaat Black Cumin Seed untuk Kulit

Dilansir dari laman Annmarie Gianni, jinten hitam memiliki kandungan zat aktif yang sangat beragam. Mulai dari vitamin, mineral hingga asam amino. Tidak heran jika jinten hitam juga kerap dimanfaatkan untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit. Bicara soal tanaman yang memiliki nama latin Nigella Sativa ini, berikut sejumlah khasiatnya untuk kulit.

1. Menutrisi Kulit

Dilansir dari laman milik Annmarie Gianni, jinten hitam merupakan salah satu biji-bijian yang dilengkapi dengan kandungan beragam vitamin dan mineral. Sebut saja mulai dari vitamin A hingga C yang memang sudah dikenal sebagai vitamin penting untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi vitamin A merupakan salah satu vitamin yang dapat menstimulasi proses rejuvenasi kulit sehingga kulit tampak lebih sehat dan bercahaya. Sedangkan vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang menjaga kulit agar tetap terlihat awet muda.

2. Mengurangi Risiko Jerawat

Keunggulan lainnya dari jinten hitam adalah mengatasi masalah jerawat. Siapa yang akan menyangka jika jinten hitam ampuh dalam mengontrol produksi sebum. Bahkan, mengonsumsi jinten hitam dapat mengurangi jumlah dari sebum dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit. Lebih lanjut, mengonsumsi jinten hitam juga mempercepat proses penyembuhan kulit dari jerawat yang meradang.

3. Memudarkan Noda Hitam

Kandungan vitamin A dan asam amino yang cukup tinggi juga dapat membantu membersihkan kulit. Terutama dari noda hitam yang kerap menghiasi sejumlah bagian kulit wajah. Vitamin A sendiri akan merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Secara otomatis hak tersebut juga memudarkan noda hitam yang ada. Lebih lanjut, kandungan asam amino pada jinten hitam juga akan menjadikan kulit terasa lebih segar dan lembap.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Bagi Anda yang tertarik menggunakan jinten hitam dapat mengonsumsi suplemen jinten hitam atau pun menggunakan minyak esensial jinten hitam. Kendati demikian, tetap imbangi perawatan kulit menggunakan jinten hitam dengan gaya hidup yang sehat. Perbanyak konsumsi makanan segar dan asupan cairan agar kulit senantiasa sehat dan tampak lebih awet muda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi