Terbit: 1 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Apakah Anda sedang cemas dengan adanya bisul pada bayi? Tenang saja, Anda tidak perlu cemas. Sebaiknya ketahui lebih jauh tentang apa itu bisul, penyebab bisul pada bayi, dan cara mengatasi bisul pada bayi. Oleh karena itu, baca terus untuk mengetahui semua jawabannya!

beberapa-penyebab-bisul-pada-bayi-dan-cara-mengobatinya-doktersehat

Apa itu bisul?

Bisul adalah benjolan lunak berwarna merah muda yang muncul pada permukaan kulit. Biasanya bisul muncul di area wajah, ketiak, leher, bahu, dan bokong. Pada kasus tertentu, bisul ini bisa menyebar ke area lainnya.

Anda tidak perlu cemas apabila bisul pada bayi nampak terpencar. Bisul baru dianggap serius apabila muncul secara berkelompok pada permukaan kulit bayi. Hal ini dikarenakan bisul pada bayi menjadi semakin serius akibat hal lain.

Penyebab bisul pada bayi

Setelah Anda mengetahui apa itu bisul kini saatnya Anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab bisul pada bayi Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab bisul pada bayi Anda:

1. Infeksi

Pada umumnya, bisul pada bayi terjadi karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada pori-pori keringat atau akar rambut bayi. Infeksi ini mengakibatkan tubuh bereaksi melawan bakteri tersebut melalui sel darah putih sebagai ‘tentara’ di dalam tubuh. Sel darah putih yang rusak akibat melawan kuman inilah yang akhirnya menjadi bisul.

2. Kebersihan yang buruk

Kebersihan yang buruk juga menjadi penyebab bisul pada bayi. Apabila Anda tidak menjaga kebersihan tubuh bayi Anda maka akan terdapat kuman-kuman yang menginfeksi permukaan kulit bayi sehingga menimbulkan bisul pada bayi.

Baca juga: Sering Makan Telur Menyebabkan Anak Bisulan?

3. Paparan bahan kimia

Paparan bahan kimia yang biasanya terdapat pada sabun keras, krim atau deterjen juga bisa menjadi penyebab bisul pada bayi. Paparan bahan kimia ini akan mengiritasi kulit bayi dan bisul pun akan muncul. Gunakanlah segala kebutuhan khusus untuk bayi, seperti sabun, shampo, minyak, dan lain-lain yang aman dari bahan kimia seperti ini.

4. Kondisi cuaca yang tidak mendukung

Bisul pada bayi juga disebabkan oleh kondisi cuaca yang tidak nyaman. Kondisi cuaca yang sangat panas atau cukup lembab bisa memicul timbulnya bisul pada bayi Anda. Jagalah tubuh bayi Anda tetap lembat apa pun kondisi cuacanya dengan menggunakan lotion atau cream khusus bayi.

5. Kekurangan nutrisi

Bayi yang mengalami kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya akan cenderung untuk memiliki bisul pada kulitnya. Kekurangan nutrisi bisa menjadi penyebab bisul pada bayi. Hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik untuk melawan bakteri penyakit.

6. Kekurangan zat besi atau anemia

Kekurangan zat besi atau anemia juga menjadi salah satu penyebab bisul pada bayi. Bayi cenderung memiliki bisul apabila ia mengalami anemia. Jagalah asupan zat besi bayi Anda agar terhindar dari bisul.

7. Diabetes

Waspadailah apabila bayi Anda memiliki bisul yang cukup banyak dan sering. Hal ini bisa jadi karena ia memiliki faktor risiko diabetes. Konsultasikanlah dengan dokter anak Anda untuk potensi penyebab bisul pada bayi yang dikarenakan penyakit diabetes. Tindakan ini bisa mencegah masalah yang lebih serius.

8. Masalah sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab bisul pada bayi. Sistem kekebalan tubuh akan berusaha menjaga daya tahan tubuh dari segala kuman penyakit. Namun, apabila sistem kekebalan tubuh bayi terganggu maka bisul pada bayi akan muncul.

Cara mengatasi bisul pada bayi

Anda tidak perlu cemas apabila terdapat bisul pada bayi. Ada beberapa cara mengatasi bisul pada bayi yang harus Anda ketahui. Lakukanlah satu atau beberapa cara mengatasi bisul ini pada bayi Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bisul pada bayi :

1. Kompres

Kompresan hangat akan membuka dan mengeluarkan nanah pada bisul. Cara mengatasi bisul yang pertama ini sangat sederhana. Anda cukup untuk membasahi kain lembut dengan air hangat atau panas.

2. Terapkan kebersihan yang baik

Anda sudah mengetahu bahwa salah satu bisul cepat menyebar karena menular. Anda harus membersihkan area bisul dengan sepotong kapas yang dicelupkan ke dalam larutan antiseptik. Cuci area tersebut, keringkan dan tutupi dengan plester. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari penyebaran dan mencegah bayi menyentuh bisul.

3.  Periksakan ke dokter

Anda harus segera membawa bayi Anda ke dokter jika bisulnya tampak membesar dan menyebabkan lebih banyak rasa sakit. Adanya bisul baru bermunculan juga membuat Anda harus pergi ke dokter untuk mencegah hal yang lebih serius.

Baca juga: Tidak Muncul Bisul Setelah Vaksin BCG, Normalkah?

4. Hindari menekan bisul

Janganlah pernah Anda mencoba menekan bisul karena dapat mempengaruhi daerah sekitarnya. Penekanan pada bisul akan membuatnya mengeluarkan nanah dan menyebabkan infeksi sehingga akan membuatnya menyebar ke area tubuh yang lain.

5. Gunakan bawang putih dan bawang merah

Cara mengatasi bisul pada bayi bisa dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih. Jika bisul pada bayi pecah, letakkanlah ramuan bawang merah dan bawang putih yang telah dihancurkan bersama di atas bisul. Cara ini akan menghilangkan bakteri dan mempercepat penyembuhan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi