Benarkah Biskuit Gandum Aman Bagi Penderita Diabetes?

biskuit_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/j-k-mitchell

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat iklan yang menunjukkan bahwa ada biskuit gandum yang diklaim aman untuk penderita diabetes. Selain itu, terdapat pula camilan yang disebut-sebut bisa membuat kadar kolesterol di dalam tubuh menurun dengan signifikan. Sebenarnya, apakah memang ada camilan yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa biskuit gandum memang memiliki indeks glikemik yang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan camilan pada umumnya. Hal ini berarti, mengonsumsinya tidak akan membuat kadar gula darah naik dengan cepat. Hanya saja, di dalam biskuit gandum juga terdapat karbohidrat yang berpotensi membuat kadar gula naik. Karena alasan inilah ada baiknya penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui apakah camilan yang akan mereka konsumsi aman atau tidak untuk kondisi kesehatannya.

Sementara itu, untuk camilan yang disebut-sebut bisa menurunkan kolesterol, dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa efek penurunan kolesterol ini sepertinya tidak akan begitu signifikan, apalagi jika dibandingkan dengan obat penurun kolesterol. Jika kita juga masih menerapkan pola makan dan gaya hidup tidak sehat, tetap saja kondisi kolesterol dalam darah tidak akan mengalami perubahan.

Terdapat beberapa jenis camilan yang dianggap aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebagai contoh, yoghurt plain rasa yang dicampur dengan kismis atau greek yoghurt bisa dijadikan pilihan. Makanan ini kaya akan antioksidan dan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Camilan lain yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah popcorn dari jagung karena rendah kalori dan kaya serat. Hanya saja, pastikan pula bahwa popcorn tidak memiliki kandungan mentega tambahan  dan dimasak dengan kompor, bukannya dengan microwave.

Alih-alih mengonsumsi camilan, penderita diabetes juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan. Meskipun tentu saja buah yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan. Salah satu buah yang paling direkomendasikan adalah buah apel karena memiliki indeks glikemik yang rendah namun kaya akan nutrisi termasuk vitamin dan serat.

Jangan mudah percaya dengan iklan yang mengklaim produknya baik untuk kondisi kesehatan tubuh. Selalu cek label kemasan pada makanan tersebut untuk mengetahui kandungan di dalamnya sehingga kita pun bisa memastikan apakah camilan ini aman untuk dikonsumsi atau tidak.