Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap pilihan persalinan memiliki risikonya masing-masing, termasuk operasi caesar. Salah satu efek dari operasi caesar adalah waktu pemulihan yang lebih lama dari persalinan normal, dan munculnya keloid. Mungkinkah menghilangkan keloid bekas operasi caesar?

Bisakah Menghilangkan Keloid Bekas Operasi Caesar?

Apa itu keloid?

Keloid adalah jaringan parut yang menebal, menonjol dan melebar melebihi batas luka peradangan. Keloid umumnya bertekstur kenyal dan licin serta berwarna merah atau cokelat gelap. Keloid tidak ganas, tidak menular, namun kadang disertai nyeri tajam dan mengalami perubahan bentuk.

Pada luka bekas operasi caesar perlu diperhatikan mengenai perbedaan antara keloid dan hypertrophic scar. Pada hypertrophic scar, pertumbuhan kulit menonjol ke atas dan tidak melebar melebihi batas luka.

Penyebab keloid

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan keloid. Beberapa di antaranya teknik operasi dan penjahitan yang kasar dan kurang baik, jenis benang yang tidak cocok, ukuran dan lokasi luka, kedalaman luka, serta proses penyembuhan luka yang kurang baik. Umumnya keloid menimbulkan rasa gatal dan perih, namun sebaiknya hindari menggaruk bekas luka keloid.

Bisakah menghilangkan keloid?

Bekas keloid kadang menyebabkan wanita tidak percaya diri dan tidak nyaman sehingga banyak yang ingin mencoba menghilangkan keloid di bagian perutnya. Ada beberapa cara untuk menghilangkan keloid, yaitu operasi, memberi suntukan kortikosteroid pada keloid, laser, hingga radiasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Sedangkan untuk cara alami, Anda bisa membuat ramuan yang terbuat dari daging lidah buaya, jus lemon dan minyak lavender, lalu oleskan pada kulit yang dibersihkan. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan cuka apel pada bagian yang terkena keloid.

Sebaiknya apa pun pilihan Anda konsultasikan dulu pada dokter mengenai pilihan untuk menghilangkan keloid karena dapat berisiko memicu kanker. Selain itu perlu diingat bahwa tidak semua cara menghilangkan keloid akan cocok untuk kulit Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi