DokterSehat.Com– Bagi para ibu yang sedang mengandung, sudahkah Anda memikirkan metode persalinan apa yang akan Anda pilih untuk melahirkan nanti? Bagi Anda yang menjalani kehamilan kedua dan sebelumnya melahirkan dengan operasi caesar, mungkin bertanya-tanya adakah kemungkinan untuk melahirkan dengan metode persalinan normal?



Keuntungan melahirkan normal

Banyak ibu memilih melahirkan normal karena beberapa pertimbangan, di antaranya persalinan normal tidak membutuhkan pemulihan yang lama sehingga ibu dapat beraktivitas kembali. Selain itu risiko infeksi dan perdarahan setelah melahirkan juga lebih kecil.

Melahirkan normal mengurangi risiko perlukaan pada dinding rahim. Bagi Anda yang berencana untuk memiliki anak lagi, hal ini bisa menjadi pertimbangan penting. Sedangkan dari segi biaya, persalinan normal juga lebih hemat dibandingkan persalinan dengan operasi caesar.

Bisakah melahirkan normal jika pernah melahirkan dengan operasi caesar?

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para ibu hamil adalah, mungkinkah mereka yang sudah pernah melahirkan dengan operasi caesar, bisa melahirkan secara normal? Pada dasarnya ibu yang pernah operasi caesar tetap bisa melahirkan normal. Hanya saja keberhasilan persalinan normal ini tergantung dari kondisi kesehatan ibu dan janin.

Beberapa hal yang dapat memengaruhi keberhasilan persalinan normal ini antara lain kondisi kehamilan kali ini cukup sehat dan tidak mengalami penyulit yang pernah dialami saat operasi pertama, persalinan dilakukan pada saat bayi cukup bulan, serta irisan dinding rahim pada operasi caesar sebelumnya berbentuk transversal atau melintang mengikuti garis lipatan kulit. Jenis sayatan ini lebih aman bagi kehamilan berikutnya, meskipun sama-sama memiliki risiko terjadinya robekan spontan saat persalinan.

Persiapan melahirkan normal jika sebelumnya sudah pernah melakukan operasi caesar

Bagi Anda yang berencana untuk melahirkan normal setelah menjalani operasi caesar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin sehingga Anda dapat mengetahui dengan pasti risiko yang Anda hadapi. Rencanakan persalinan Anda di rumah sakit dengan fasilitas lengkap yang dapat melakukan operasi caesar darurat jika persalinan normal mengalami kendala. Selalu konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kehamilan Anda dan keluhan yang Anda rasakan selama kehamilan.