Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Skoliosis adalah salah satu gangguan kelainan tulang belakang dimana tulang mengalami pembengkokan ke samping kiri atau kanan. Wanita lebih berisiko mengalami skoliosis daripada pria. Lalu, amankah para wanita dengan skoliosis untuk melahirkan secara normal?

Bisakah Ibu Hamil Dengan Skoliosis Melahirkan Secara Normal?

Skoliosis pada wanita hamil

Saat hamil, umumnya wanita akan mengalami beberapa rasa tidak nyaman di tubuh seperti nyeri punggung, pinggul hingga kaki. Bagi wanita dengan skoliosis, nyeri ini bisa terasa lebih parah jika sudut kemiringan tulang belakang tampak terlalu kecil.

Sebenarnya skoliosis tidak memiliki dampak apa pun pada kehamilan atau persalinan, namun wanita dengan skoliosis perlu waspada dengan rasa nyeri yang akan semakin bertambah seiring dengan usia kehamilan.

Bisakah ibu hamil dengan skoliosis melahirkan secara normal?

Sebelum melahirkan, ibu hamil yang memiliki skoliosis disarankan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui derajat kemiringan dan jenis skoliosis yang dialami. Hal ini diperlukan untuk melihat kemungkinan apakah aman bagi ibu untuk melahirkan dengan normal atau harus dilakukan operasi caesar.

Beberapa pertimbangan ibu untuk melakukan operasi caesar karena dalam persalinan normal ibu harus mengejan. Saat mengejan, jika skoliosis ibu cukup parah, maka hal ini akan memicu saraf terjepit di tulang punggung. Meskipun demikian, hal ini tidak selalu terjadi pada ibu hamil yang memiliki skoliosis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ibu bisa melakukan persalinan normal, maka dokter perlu waspda dengan risiko persalinan macet akibat malposisi atau gangguan posisi bayi. Akibatnya ibu akan cenderung sulit mengejan atau sulit menerima epidural.

Untuk menghindari kendala dalam persalinan tersebut, sebaiknya ibu proaktif untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi pada dokter selama kehamilan. Selain itu, ibu bisa mengurangi nyeri yang dirasakan selama kehamilan dengan olahraga berenang atau senam hamil.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi