Bisakah Hobi Makan Gorengan Namun Tetap Sehat? Begini Kata Dokter

DokterSehat.Com– Gorengan adalah salah satu makanan yang paling tidak sehat untuk dikonsumsi. Sayangnya, rasa gorengan yang nikmat dan gurih membuat kita sulit untuk berpaling darinya. Padahal, kerap mengkosumsi gorengan bisa membuat kadar kolesterol jahat di dalam tubuh meningkat dengan signifikan. Beruntung, menurut pakar kesehatan jantung dr. Vito Damay, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa tetap sehat meskipun suka dengan gorengan. Seperti apakah cara-cara tersebut?

Menggorengnya sendiri
Kebanyakan orang membeli gorengan di penjual gorengan. Yang menjadi masalah adalah, tak hanya menggorengnya dengan minyak berkualitas rendah, seringkali minyak yang digunakan penjual gorengan ini juga dipakai berulang-ulang sehingga meningkatkan kadar lemak jahat pada gorengan tersebut. Ganti kebiasaan membeli gorengan dan mulailah menggoreng makanan ini sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan minyak yang berkualitas dan cenderung sehat layaknya minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak sesame. Minyak ini tidak akan membuat kadar kolesterol jahat di dalam tubuh meningkat. Hanya saja, pastikan untuk menggunakannya dengan bijak, yakni jumlahnya sedikit dan tidak boleh dipakai lebih dari satu kali.

Jangan berlebihan
Meskipun sudah diolah dengan minyak baik, pastikan untuk tidak mengkonsumsi gorengan dengan berlebihan karena kaya akan kandungan kalori dan lemak yang tidak baik bagi kesehatan.

Imbangi dengan sayuran
Jika kita suka makan gorengan, pastikan untuk mengimbanginya dengan asupan sayuran dan buah-buahan yang banyak setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, kita pun tidak akan mudah meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah datangnya penyakit jantung meskipun suka makan gorengan.