DokterSehat.Com – Penyakit yang menyerang kelamin kering menular dari aktivitas seks baik itu vaginal, oral, atau anal. Virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh bisa dengan mudah melakukan infeksi. Dalam hitungan hari atau minggu, tubuh yang antibodinya rendah bisa diserang dengan mudah.

doktersehat-pria-khitan-penis-sehat-bakteri-bersih-kecil-gemuk-manfaat-sunat

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bisakah penularan ini terjadi antar pria. Kalau pria homoseksual mungkin prosesnya sama seperti penularan pada wanita. Pada pria heteroseksual, bisakah gangguan pada penis menular?

Mengenal gangguan gatal pada penis

Sebelum membahas lebih jauh tentang penularan penyakit gatal pada penis dan sekitarnya, ada baiknya kita mengenal penyebabnya terlebih dahulu. Penis bisa alami gatal karena beberapa hal di bawah ini.

  • Penyakit menular seksual. Penyakit menular ini menyebabkan gatal pada penis. Beberapa penyakit yang sering muncul adalah klamidia yang membuat ujung penis atau glans memerah. Selanjutnya ada kutil kelamin yang disebabkan oleh infeksi HPV.
  • Infeksi jamur. Infeksi jamur menyebabkan penis jadi gatal dan rasanya sangat mengganggu. Pria akan rajin menggaruk area selangkangan sehingga luka dan infeksi kerap terjadi.
  • Kutu kemaluan. Kutu ini sering menyebabkan gatal saat menghisap darah dan membuat area penis muncul scabies.
  • Gesekan celana dalam. Gesekan karena celana dalam yang lembap dan kotor bisa menyebabkan gatal. Selain itu alergi sabun dan sampo juga memberikan efek yang sama.

Penularan gatal penis antar pria

Gatal pada penis yang bisa menular biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Penularan tidak terjadi secara langsung. Biasanya penggunaan barang secara bersama-sama menyebabkan penularan mudah terjadi.

Misal pria dan temannya sering menggunakan pakaian yang sama khususnya celana. Selain itu penggunaan handuk yang dilakukan bersama-sama juga menyebabkan penularan virus atau jamur terjadi dengan cepat dan mudah.

Mulai sekarang kalau Anda tinggal sekamar dengan teman pria jangan sering menggunakan barang secara bergantian ya.