Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi cuka apel? Ada berbagai jenis produk olahan makanan menyehatkan dari buah apel, mulai dari keripik, dodol, sari buah apel dan cuka apel. Cuka apel kerap dimanfaatkan sebagai olahan yang dapat mengatasi berbagai masalah tubuh hingga disebut-sebut mampu menurunkan berat badan, benarkah?

Bisakah Cuka Apel Menurunkan Berat Badan?

Pakar kesehatan dan dietitian dari WebMD, Kathleen Zelman membahas kefektifitasan cuka apel sebagai penurun berat badan.

Kandungan Gizi Cuka Apel

Cuka apel terdiri dari sebagian besar jus atau sari buah apel yang ditambahkan dengan ragi sehingga mampu mengubah atau memfermentasi gula pada buah menjadi alkohol atau asam asetat. Hal inilah yang membuat cuka apel memiliki rasa yang asam dan berbau kuat.

Umumnya cuka apel digunakan dalam masakan, membuat kue dan dressing salad sebagai tambahan rasa. Penggunaan cuka apel yang direkomendasikan adalah 2-3 sendok makan.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Penurunan Berat Badan

Cuka apel sudah sejak lama diteliti manfaatnya untuk kesehatan jantung, mengurangi berat badan hingga mengatasi ketombe.

Untuk penurunan berat badan, suatu studi di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi minuman dengan tambahan cuka mampu mengurangi obesitas.

Sedangkan, penelitian lain tidak membuktikan hubungan adanya konsumsi cuka apel pada dengan penurunan berat badan. Namun manfaat cuka apel cukup besar untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah kanker, dengan kandungan polifenolnya yang tinggi.

Zelman menambahkan bahwa konsumsi cuka apel tentu bisa menyehatkan dan memberikan manfaat untuk tubuh selama dikonsumsi dalam porsi yang tepat.

Namun konsumsi cuka apel dalam menurunkan berat badan masih belum memiliki bukti yang kuat, sehingga mengharapkan penurunan berat badan hanya dari konsumsi cuka apel saja bukanlah sesuatu yang tepat, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi