DokterSehat.Com– Biji wijen dikenal luas sebagai bahan tambahan bagi berbagai makanan yang kita konsumsi seperti roti, onde-onde, sushi, atau bahkan salad. Tak hanya membuat makanan menjadi lebih menarik, biji wijen yang ukurannya kecil ini ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Hanya saja, apakah benar jika biji wijen bisa membantu menurunkan kolesterol?

wijen-doktersehat

Manfaat Biji Wijen bagi Kolesterol

Beberapa penelitian menghasilkan fakta bahwa biji wijen memang bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dengan efektif. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya bisa menurunan risiko terkena penyakit jantung.

Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam biji wijen seperti asam lemak jenuh sebanyak 15 prsen, asam lemak tak jenuh ganda sebanyak 41 persen, dan asam lemak tak jenuh tunggal sebanyak 39 persen. Keberadaan asam lemak tak jenuh, lignan, serta fitosterol di dalam biji wijen inilah yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2012 dan dipublikasikan hasilnya dalam International Journal of Food Science and Nutrition, dihasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi biji wijen sebanyak 1,5 on setiap hari dalam kurun waktu 60 hari bisa menurunkan kadar kolesterol dengan signifikan.

Penelitian lain yang melibatkan 38 partisipan dengan kadar lipid tinggi yang rutin mengonsumsi 5 sendok makan biji wijen dalam waktu dua bulan juga terbukti mengalami penurunan kadar kolesterol jahat sebanyak 10 persen dan kadar trigliserida sebanyak 8 persen.

Manfaat Lain dari Rutin Makan Biji Wijen

Selain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, pakar kesehatan menyebut ada manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi biji wijen.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Tak hanya buah-buahan atau sayuran, pakar kesehatan menyebut antioksidan dalam jumlah yang tinggi juga bisa didapatkan dari biji wijen. Sebagai informasi, kandungan lignan dan vitamin E di dalam biji wijn memiliki fungsi seperti antioksidan yang bisa melawan stres oksidatif yang melawan peradangan, mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh, dan mencegah datangnya beberapa masalah kesehatan seperti kanker atau masalah kardiovaskular.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya juga bisa merawat kulit dan mencegah penuaan dini.

  1. Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan vitamin E, antioksidan, dan magnesium yang tinggi di dalam biji wijen bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan ini juga bisa mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah arteri. Hal ini tentu akan membantu menurunkan risiko terkena hipertensi.

  1. Baik bagi Kesehatan Tulang

Pakar kesehatan dr. Gargi Sharma dari Ayana Clinic, New Delhi, India menyebut biji wijen tinggi kandungan kalsium yang bisa membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Dia menyarankan orang-orang dengan usia lebih dari 35 tahun untuk rutin mengonsumsinya demi mencegah risiko terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  1. Baik bagi Kesehatan Kulit

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, keberadaan kandungan antioksidan yang tinggi di dalam biji wijen bisa membantu mencegah penuaan dini. Kulit juga akan terasa lebih lembut, kenyal, dan sehat. Tak hanya dikonsumsi, biji wijen juga bisa dijadikan masker yang bisa dipakai satu atau dua kali dalam sepekan setelah dicampurkan dengan minyak zaitun.

  1. Baik bagi Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat di dalam biji wijen cukup tinggi. Jika kita mengonsumsinya sebanyak tiga sendok makan saja, maka akan mendapatkan 3,5 gram serat yang bisa menyehatkan pencernaan, memperbaiki kondisi usus, dan meningkatkan sistem imun tubuh.

 

Sumber:

  1. McCulloch, Marsha. 2019. 15 Health and Nutrition Benefits of Sesame Seeds. healthline.com/nutrition/sesame-seeds. (Diakses pada 20 November 2019).