Bagaimana Biji Rami Bisa Membantu Kita Menurunkan Berat Badan?

biji-rami-doktersehat
photo credit: beautyhealthtips.in

DokterSehat.Com -Biji rami atau flaxseed adalah salah satu biji-bijian yang sangat bermanfaat. Meski konsumsi harian harus dibatasi, Anda tetap bisa memanfaatkannya untuk banyak hal seperti tambahan serat untuk tubuh hingga membantu menurunkan berat badan untuk mereka yang sedang mengalami obesitas dengan cukup cepat.

Sayangnya penggunaan biji rami ini masih sangat jarang dilakukan oleh masyarakat. Padahal biji rami ini cukup mudah didapatkan, mudah diolah, dan harganya terbilang cukup terjangkau. Nah, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, salah satu manfaat dari flaxseed adalah untuk menurunkan berat badan. Lantas apa kandungan dari biji-bijian ini sehingga bisa menurunkan berat badan?

Kandungan biji rami untuk menurunkan berat badan

Biji rami ukurannya sangat kecil. Namun, manfaatnya sangat besar. Itulah kenapa biji ini sering dikonsumsi sebagai pendorong fat loss pada tubuh. Berikut kandungan biji rami yang bisa menyebabkan penurunan berat badan

  1. Kandungan serat yang tinggi

Kandungan serat yang tinggi dari biji rami memberikan dua manfaat sekaligus pada tubuh. Manfaat pertama adalah membuat tubuh menjadi lebih kenyang dari sebelumnya. Serat bisa bertahan lama di dalam usus sehingga Anda tidak akan mudah lapar sehingga kemungkinan terjadi kelebihan kalori sangat rendah.

Manfaat kedua dari serat yang tinggi adalah penurunan kolesterol dan juga gula darah. Serat yang ada pada biji rami khususnya serat yang bisa larut akan menyerap kolesterol yang berlebihan. Dampaknya tubuh akan selalu sehat, peredaran darah berjalan lancar dan kemungkinan tubuh mengalami penurunan jumlah lemak akan sangat besar.

  1. Kandungan omega-3 yang besar

Relasi antara omega-3 dan penurunan berat badan pada seseorang memang belum diketahui. Namun, beberapa orang mengklaim kalau mengonsumsi makanan dengan kandungan omega-3 tinggi akan mengalami penurunan berat badan secara konstan setiap harinya dan peluang lemak meningkat akan rendah.

Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, ada beberapa hal dari omega-3 yang bisa membuat seseorang menjadi jauh lebih sehat. Kandungan omega-3 bisa mengatasi inflamasi yang terjadi pada tubuh. Inflamasi selama ini menyebabkan banyak sekali masalah pada tubuh khususnya yang berhubungan dengan jantung, otak, dan saluran pencernaan.

  1. Sumber lignin

Hampir semua biji mengandung komponen lignin. Pada flaxseed, komponen ligninnya sangat besar dan sangat bermanfaat kalau dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Lignin pada biji-bijian bisa membuat tekanan darah dari seseorang lebih stabil. Tekanan darah yang stabil akan meminimalkan penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, lignin juga diketahui bisa menurunkan risiko kegemukan dan membantu penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi makan ini secara teratur, Anda bisa dengan mudah menurunkan berat badan setiap harinya dan tetap sehat karena biji-bijian ini minim sekali efek samping.

Manfaat lain dari biji rami

Selain menurunkan berat badan dengan tiga kandungan zat aktif yang telah disebutkan sebelumnya. Biji rami ternyata memiliki beberapa manfaat lain baik saat dikonsumsi dalam bentuk biji atau minyak. Manfaat itu terdiri dari:

  • Mencegah pertumbuhan sel kanker. Meski penelitian tentang kanker ini hanya dilakukan pada hewan, tidak menutup kemungkinan akan bisa diterapkan pada manusia. Itulah kenapa flaxseed sangat direkomendasikan untuk tubuh karena bisa mengurangi inflamasi yang sering sekali mencari cikal-bakal sel kanker untuk tumbuh.
  • Menurunkan risiko diare dan juga sembelit. Dari beberapa studi yang dilakukan pada manusia dan juga hewan, mengonsumsi biji rami dalam bentuk utuh atau sudah dalam bentuk minyak bisa menurunkan risiko diare dan juga sembelit. Dengan dua manfaat ini kita bisa sedikit membuat kesimpulan kalau biji ini baik untuk pencernaan.
  • Kemungkinan menyehatkan kulit. Dari beberapa studi yang dilakukan. Beberapa kelompok wanita disarankan mengonsumsi biji rami dalam bentuk minyak. Dari penelitian ini didapatkan data kalau minyak biji rami bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan terhidrasi.
  • Mengandung cukup banyak protein per sajian. Dibandingkan dengan beberapa jenis biji-bijian lainnya, flaxseed mengandung cukup banyak nutrisi berupa protein. Nutrisi ini bermanfaat untuk tubuh sebagai penyuplai protein dan juga menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan dengan baik.
  • Menjaga kolesterol agar stabil. Kandungan asam lemak yang baik bisa membantu tubuh menurunkan jumlah LDL yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan pengendapan di pembuluh darah. Mengonsumsi biji rami atau minyak bisa meningkatkan HDL sehingga kesehatan jantung akan meningkat.

Cara mengonsumsi biji rami yang benar

Mengingat manfaat dari biji rami cukup banyak, kita harus tahu cara mengonsumsinya yang aman dan tidak menyebabkan efek samping. Berikut beberapa cara mengonsumsi biji rami yang benar.

  • Pastikan jangan mengonsumsi biji rami dalam kondisi mental. Biji rami yang masih mentah mengandung beberapa komponen sianida yang berbahaya. Namun, setelah diolah seperti disangrai, kandungan itu akan hilang dan aman dikonsumsi.
  • Biji rami bisa dikonsumsi secara langsung dengan menaburkannya di atas aneka makanan dengan rasa tidak terlalu kuat. Beberapa orang sering membuatnya menjadi toping atau taburan yoghurt atau smoothies.
  • Biji rami juga bisa dihancurkan dahulu menjadi serbuk siap makan. Saat mengonsumsinya Anda bisa mencampurkannya ke makanan langsung atau dicampur dengan minuman seperti susu.
  • Dikonsumsi dalam bentuk minyak. Biji rami dalam bentuk ini bisa langsung dikonsumsi atau dicampur dengan jus agar tidak terlalu aneh rasanya saat masuk ke dalam mulut.

Inilah beberapa ulasan tentang bagaimana biji rami bisa membuat seseorang dengan kondisi obesitas bisa menurunkan berat badannya dengan cepat serta manfaat lain dari biji-bijian ini. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan yang bermanfaat dan kesehatan tubuh tetap bisa terjaga dengan baik.