Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah nangka memiliki aroma khas dan rasa yang sangat manis merupakan salah satu buah tropical khas Indonesia yang banyak disukai. Di samping rasanya yang manis, buah nangka kaya akan protein dan nutrisi sehat lainnya seperti vitamin B, Potasium, kalsium, dan zinc.

Biji Nangka Sangat Bagus untuk Menangkal 3 Penyakit ini

Photo Source: Flickr

Buah nangka merupakan buah yang memiliki banyak biji. Saat mengonsumsi buah ini, Anda pasti langsung membuang bijinya dan hanya mengonsumsi dagingnya saja. Padahal, perlu Anda ketahui bahwa biji buah nangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, bukan berarti Anda bisa memakannya secara langsung, tapi Anda harus mengolahnya terlebih dahulu dengan cara direbus maupun disangrai.

Lantas, apa sajakah manfaat biji buah nangka yang digadang-gadang baik untuk kesehatan tersebut? Berikut adalah 3 manfaat baik biji buah nangka.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat membuat penderitanya kehilangan nyawa. Penyakit ini umumnya dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Ternyata, risiko penyakit jantung bisa diturunkan hanya dengan mengonsumsi biji buah nangka. Hal ini dikarenakan biji nangka mengandung kolesterol lebih rendah sehingga baik untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  • Mencegah Kanker

Selain penyakit jantung, kanker juga merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Tidak sedikit orang yang kehilangan nyawa akibat dari penyakit mematikan ini. Kanker memiliki banyak jenis, salah satunya yang kerap dialami oleh wanita adalah kanker rahim. Biji buah nangka ternyata juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker karena mengandung zat antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas.

  • Mencegah Anemia

Anemia atau tekanan darah rendah umumnya terjadi karena seseorang yang memiliki pola hidup kurang sehat, seperti begadang. Anemia juga terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Di dalam biji nangka terkandung zat besi yang sangat berguna untuk mencegah anemia dan penyakit darah lainnya. Untuk itu, biji nangka bisa dijadikan salah satu alternatif bagi Anda yang memiliki masalah pada penyakit yang berkaitan dengan darah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi