Terbit: 13 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Memiliki kondisi diabetes akan membuat seseorang banyak mengalami gangguan pada tubuhnya. Selain itu, apa saja yang dimakan oleh penderita diabetes menentukan kondisi kesehatan yang akan didapatkan. Misal Anda terlalu banyak mengonsumsi gula atau karbohidrat sederhana, gula darah akan langsung naik signifikan.

Biji-bijian dan Kacang yang Cocok untuk Penderita Diabetes

Karena makan butuh kehati-hatian, akhirnya banyak sekali penderita diabetes yang hanya makan sayur dan beberapa jenis protein. Mereka takut mengonsumsi makanan tertentu sehingga berat badan jadi anjlok. Saat mengalami diabetes, makanan memang menentukan kesehatan. Namun, bukan berarti mengurangi makan dengan signifikan.

Salah satu bahan makanan yang sering dikurangi oleh penderita diabetes adalah biji-bijian dan juga kacang. Padahal dua hal ini memberikan nutrisi yang cukup banyak dan bermanfaat. Berikut beberapa jenis biji-bijian dan kacang yang masih bisa dikonsumsi penderita diabetes.

  1. Almond

Mengonsumsi kacang almond akan memberikan banyak sekali nutrisi pada tubuh. Mengonsumsi satu porsi kacang alamond akan mengendalikan gula darah di dalam tubuh dan mengendalikan level dari insulin. Selain itu, kacang ini juga cocok untuk meredakan stres akibat hormon dan juga mencegah penyakit jantung.

Cara terbaik untuk mengonsumsi kacang ini adalah saat mentah dan tidak diberi garam. Kalau ingin mengonsumsinya dalam jumlah matang, ada baiknya untuk tidak menggunakan minyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Biji Labu

Biji labu bisa dikonsumsi dalam bentuk sup, makanan ringan, direbus, atau sekadar digoreng tanpa minyak. Biji ini mengandung banyak sekali manfaat khususnya dalam hal mengendalikan gula darah di dalam tubuh. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat dan menurunkan risiko sembelit.

Biji labu ini bisa dikonsumsi sesekali semisal seminggu 2-3 kali saja. Jangan dikonsumsi setiap hari karena tubuh masih butuh banyak selali nutrisi dari bahan makanan lainnya.

  1. Flaxseed

Flaxseed membantu penderita diabetes untuk mengendalikan level dari HbA1c dan gula darah dalam kondisi puasa. Biji-bijian ini bisa disangrai tanpa minyak lalu dihaluskan dan diminum dengan air. Selain itu, penderita diabetes juga bisa langsung menaburkannya pada sereal, salad, atau yoghurt yang akan dikonsumsi. Usahakan untuk tidak menambahkan gula kalau mengonsumsi biji ini.

  1. Pistachios

Dari studi yang dilakukan pada tahun 2014 silam. Kacang pistachios ternyata bermanfaat untuk menstabilkan gula darah saat puasa dan sesudah makan. Biasanya penderita diabetes akan sering mengalami gangguan setelah makan karena gula darah yang mendadak naik signifikan.

  1. Biji Chia

Biji chia bisa digunakan untuk menurunkan risiko tubuh mengalami gangguan pada jantung akibat diabetes. Kondisi seperti komplikasi pada jantung bisa direndahkan sehingga penderita diabetes tetap bisa hidup dengan baik dan bertahan hidup dengan kondisi kesehatannya.

  1. Walnut

Mengonsumsi kacang walnut sebanyak 7-8 butir setiap hari selama satu tahun bisa menurunkan berat badan dan menstabilkan insulin di dalam tubuh. Selain itu, kacang ini juga menurunkan kadar stres di dalam tubuh dan juga menjaga tubuh dari berbagai komplikasi yang menyebabkan masalah di kemudian hari.

  1. Biji Fenugreek

Biji dari fenugreek biasanya dikonsumsi dalam bentuk bubuk. Penderita diabetes bisa menggunakan satu sendok teh bubuk biji fenugreek yang dicampur dengan air. Selanjutnya air bisa diminum secara langsung.

Minuman ini mengandung banyak mikro nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Penderita diabetes bisa mendapatkan asam folat, seng, thiamine, niacin, dan betakaroten.

Dari beberapa biji-bijian dan kacang yang ada di atas, mana saja yang sebelumnya tidak Anda konsumsi karena takut? Semoga setelah ini Anda bisa memiliki banyak pilihan makanan ya meski memiliki diabetes.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi