Inilah Alasan Konsumsi Biji Chia Bisa Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com– Saat ini, ada beragam jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan, salah satunya adalah biji chia. Biji chia kini tengah populer di kalangan masyarakat yang gemar mengonsumsi makanan sehat, sebab sudah terbukti ampuh menurunkan berat badan karena mengandung kalori yang cukup rendah.

Lantas, mengapa biji chia bisa menurunkan berat badan? Berikut adalah beberapa alasan yang bisa menjelaskannya. Apa saja itu?

1. Tinggi Serat

Dalam proses penurunan berat badan, diperlukan asupan serat yang cukup bagi tubuh. hal ini dikarenakan serat bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu, juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Biji chia kaya akan serat, yang sangat cocok dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Mengonsumsi satu sendok biji chia, berarti Anda sudah memenuhi asupan serat sebanyak 5 gram. Sehingga, jika Anda mengonsumsi biji chia secara rutin setiap hari, maka bisa Anda bayangkan ada berapa banyak serat yang masuk ke dalam tubuh yang tentunya akan membantu proses prnurunan berat badan Anda.

2. Kaya Protein

Selain kaya akan serat, biji chia juga mengandung protein tinggi. Seperti yang Anda tahu bahwa protein sangat penting untuk menjaga massa otot di dalam tubuh. Sehingga, pada saat penurunan berat badan nanti, otot tidak akan ikut terkikis, melainkan hanya lemak di dalam tubuh saja yang terbakar. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga membantu mengurangi 60% makan malam yang berpotensi menaikkan berat badan.

3. Membantu Detoksifikasi

Alasan terakhir mengapa biji chia bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena bisa emmbantu detoksifikasi, yakni membersihkan semua limbah yang ada di dalam tubuh. tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan di dalam biji chia juga membantu mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh.