Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa jenis buah favorit Anda? Apakah buah tersebut memiliki biji? Jika dilihat dari struktur bagian buah, hampir semua jenis buah tentu memiliki bagian inti yaitu biji, ya.

Jangan Dibuang, Biji 5 Buah Ini Ternyata Sehat Jika Dimakan!

Biasanya kita akan secara otomatis membuang bagian biji pada sebagian besar buah. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis buah yang bijinya biasa dibuang ternyata dapat dimakan, lho.

Pakar kesehatan dan gizi, Dr.Samuel Oetoro, biji buah sebenarnya juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Meskipun sebagian biji buah memiliki kandungan yang beracun, namun sebagian yang lain tidak berbahaya jika dimakan dan justru memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Penasaran apa saja jenis buah yang bijinya bisa dimakan? Yuk sama-sama kita simak di bawah ini!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Buah jeruk

Biji buah jeruk biasanya memiliki rasa yang pahit dengan tekstur yang keras, ya. Meskipun begitu, biji buah jeruk ternyata bisa dikonsumsi.

Biji buah jeruk memiliki kandungan asam salisilat yang baik untuk imunitas dan pencernaan tubuh. Biji buah jeruk juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mengatasi peradangan dalam tubuh.

Biji jeruk juga disebut memiliki kandungan lemak baik yang dapat mendukung asupan kolesterol yang baik pula dalam tubuh.

Jadi kini Anda bisa sekaligus mengonsumsi biji jeruk ketika memakan buah jeruk, ya.

2. Anggur

doktersehat-manfaat-daun-anggur

Photo Credit: Pexels.com/Luiz M. Santos

Mirip dengan buah jeruk, biji buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Kandungan antioksidan dan kolagen juga terdapat pada buah anggur. Biji buah anggur mengandung zink yang baik untuk mendukung metabolisme tubuh.

Jadi kini, setelah mencuci buah anggur, Anda bisa langsung mengonsmsinya tanpa harus memisahkan bagian bijinya terlebih dahulu. Tentu akan semakin mudah dan sehat, bukan?

3. Buah semangka

Doktersehat - Semangka

Photo Credit: Flickr.com/kaloahou

Buah semangka memiliki banyak biji yang biasanya disisihkan.Beberapa studi menyebutkan bahwa biji buah semangka, utamanya yang sudah cukup tua atau berwarna hitam, berbahaya untuk dikonsumsi.

The Huffingtonpost, juga menyebutkan bahwa konsumsi biji buah semangka kurang dianjurkan dalam kondisi segar.

Biji buah semangka, dapat dirasakan dengan maksimal kandungan gizi dan manfaatnya ketika ia dikeringkan. Kandungan asam amino dan vitamin mineral pada biji semangka kering, membuatnya cocok ditambahkan sebagai biji-bijian dalam salad, camilan, atau minuman harian Anda.

4. Delima

doktersehat manfaat delima pada pria

photo credit: Pexels

Bagian isi buah delama sebagian besar terdiri dari bijinya. Meskipun sebagian besar orang memilih tidak mengonsumsinya, namun biji buah delima ternyata super bermanfaat.

Healthline menyebutkan bahwa biji buah delima mengandung banyak vitamin C dan K, mineral dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Buah delima beserta bijinya kerap dibuat menjadi sirup, selai, tambahan berbagai makanan atau jajanan, serta dimakan segar.

5. Kiwi

Biji pada buah kiwi sudah sangat umum dikonsumsi secara langsung. Bagian biji buah kiwi memiliki kandungan lemak baik yang mulai diolah menjadi buah minyak biji kiwi.

Bijinya yang berwarna hitam, mirip selasih, memiliki kandungan antioksidan dan omega 3. Hal tersebut membuat biji kiwi super bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Kondisi ini hampir mirip dengan beberapa buah yang memiliki bentuk biji mirip biji buah kiwi, misalnya stroberi atau buah naga yang sudah cukup umum dikonsumsi secara langsung dalam bentuk segar.

Nah, itu dia 5 jenis buah yang bagian bijinya bisa kita konsumsi.

Kini perhatikan jika Anda mengonsumsi buah-buahan di atas, Anda tidak perlu membuang bijinya, hanya pastikan saja bahwa buah yang Anda konsumsi sudah bebas pestisida agar manfaatnya bisa Anda rasakan dengan maksimal, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi