3 Jenis Biji-bijian yang Bisa Dikonsumsi Saat Diet

manfaat-biji-matahari-doktersehat

DokterSehat.Com– Selama menjalankan program diet, kita harus senantiasa menjaga asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Berbagai jenis makanan yang mengandung kalori, gula, dan karbohidrat tinggi sebaiknya dihindari, sementara makanan yang mengandung vitamin, serat, asam lemak omega 3, protein, dan nutrisi penting lainnya harus kita konsumsi setiap hari.

Salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi penting tersebut adalah biji-bijian. Biji-bijian diyakini mampu memperlancar pencernaan sehingga baik dikonsumsi setiap hari, terutama saat sedang menjalankan program diet. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa jenis biji-bijian yang bis Anda konsumsi selama program diet berlangsung, diantaranya:

1. Biji Bunga Matahari

siapa yang tidak suka menyantap biji-bijian yang satu ini? Biji bunga matahari dikenal sebagai makanan salah satu hewan, yakni hamster. Tidak sedikit orang menyukai biji bunga matahari dan menjadikannya sebagai cemilan.

Walaupun ukurannya yang terbilang kecil, namun manfaat dari biji-bijian ini sangat banyak, salah satunya adalah dapat mengobati usus buntu. Biji bunga matahari mengandung vitamin E, vitamin C, vitamin B kompleks, serta kalium yang sangat tinggi dan baik untuk diet.

2. Biji Labu Kuning

Mungkin selama ini Anda hanya mengonsumsi labu kuning bagian dagingnya saja. Biasanya, labu kuning diolah menjadi berbagai macam olahan, salah satunya adalah kolak labu kuning. Pernahkah Anda mengonsumsi biji labu kuning?

Ternyata, biji labu kuning mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K yang tinggi. Selain itu, juga mengandung zat besi dan asam lemak tak jenuh. Biji-bijian ini bermanfaat untuk penderita diabetes karena kandungan sam folatnya yang dapat membantu mengembalikan fungsi endotel.

3. Biji Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan serat dan vitamin A yang sangat bagus dikonsumsi ketika sedang dalam program diet. Sama seperti labu kuning, umumnya Anda hanya mengonsumsi pepaya bagian dagingnya saja, sedangkan bijinya Anda buang.

Mulai sekarang, jangan buang biji pepaya karena dipercaya mampu menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan alkaloid, flavonoid, tannin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides yang terkandung di dalam pepaya dapat memberikan efek antioksidan.