Biduran – Pengertian, Penyebab, dan Jenis

Doktersehat-biduran
Photo Credit: Flickr.com/cursedthing

DokterSehat.Com – Biduran atau urtikaria adalah kondisi gatal-gatal pada kulit yang muncul dengan bentuk ruam kemerahan. Biduran biasanya muncul tiba-tiba, kadang-kadang penyebab biduran karena reaksi alergi atau tersengat oleh ulat bulu.

Biduran menyebabkan gatal, tetapi juga dapat menyebabkan rasa terbakar atau menyengat. Biduran bisa muncul di mana saja, termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan atau telinga.

Ukuran biduran bervariasi, dari ukuran kecil hingga seukuran piring makan dan dapat bergabung bersama untuk membentuk wilayah yang lebih luas yang dikenal sebagai plak. Biduran biasanya berlangsung selama kurang dari 24 jam, namun dalam beberapa kasus urtikaria dapat berlangsung selama beberapa hari atau bahkan bulan.

Penyebab Biduran

Biduran terbentuk sebagai respons dari zat kimia tubuh yang disebut histamin sehingga menyebabkan jaringan pada kulit membengkak. Histamin dan bahan kimia lainnya menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi bocor sehingga cairan dari dalam darah bocor keluar dari pembuluh darah yang menyebabkan gatal-gatal dan bengkak.

Reaksi alergi, bahan kimia dalam makanan, sengatan serangga, paparan sinar matahari atau obat-obatan, semuanya juga bisa menyebabkan pelepasan histamin. Kadang-kadang sulit untuk mencari tahu apa tepatnya penyebab biduran ini.

Berikut ini penyebab biduran lainnya:

  • Makanan, seperti kacang, kerang, aditif makanan, telur, stroberi, dan produk gandum
  • Infeksi, termasuk influenza, pilek, demam kelenjar, dan hepatitis B
  • Infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kemih dan radang tenggorokan
  • Parasit usus
  • Suhu ekstrem atau perubahan suhu
  • Suhu tubuh tinggi
  • Bulu hewan peliharaan dari anjing, kucing, kuda, dan sebagainya
  • Tungau debu
  • Kecoak dan kotoran kecoa
  • Getah
  • Serbuk sari
  • Beberapa tanaman, termasuk jelatang, poison ivy, dan poison oak
  • Penyakit kronis, seperti penyakit tiroid atau lupus
  • Air di kulit
  • Goresan
  • Olahraga

Di lebih dari setengah dari semua kasus, orang tidak pernah menemukan penyebab pasti. Urtikaria kronis bisa dimulai sebagai respons autoimun, tetapi mengapa hal itu terjadi tidak jelas.

Jenis Biduran

Berikut adalah beberapa jenis biduran:

1. Biduran akut

Ruam atau pembengkakan berlangsung kurang dari enam minggu. Penyebab biduran janis ini paling umum adalah makanan, obat-obatan, lateks atau infeksi. Gigitan serangga dan penyakit internal dapat juga bertanggung jawab. Makanan yang paling umum yang menyebabkan gatal-gatal adalah kacang-kacangan, cokelat, ikan, tomat, telur, buah segar, kedelai, gandum dan susu.

Makanan segar juga menyebabkan gatal-gatal lebih sering daripada makanan yang dimasak. Zat aditif pada makanan tertentu dan pengawet juga dapat menjadi penyebab biduran. Obat-obatan yang dapat menyebabkan gatal-gatal termasuk aspirin dan non-steroid anti-inflamasi lainnya seperti ibuprofen, beberapa obat hipertensi dan beberapa obat penghilang rasa sakit seperti kodein.

2. Biduran kronis

Biduran jenis ini muncul dengan ruam kemerahan atau bengkak yang berlangsung lebih dari enam minggu. Penyebab biduran dari jenis ini biasanya lebih sulit untuk diidentifikasi daripada jenis biduran akut. Penyebabnya bisa mirip dengan biduran akut tetapi juga dapat mencakup autoimun, infeksi kronis, gangguan hormonal dan keganasan.

3. Biduran fisik

Biduran juga bisa disebabkan oleh stimulasi fisik langsung dari kulit, misalnya cuaca dingin, panas, paparan sinar matahari, getaran, tekanan, berkeringat dan olahraga. Jenis biduran ini biasanya terjadi secara langsung di mana kulit dirangsang dan jarang muncul di tempat lain. Sebagian besar gatal-gatal muncul dalam waktu satu jam setelah paparan.

4. Dermatographism

Biduran yang terbentuk dengan tegas setelah proses menggores atau menggaruk kulit. Gatal-gatal ini juga dapat terjadi bersama dengan bentuk-bentuk lain biduran.

Biduran – Halaman Selanjutnya: 1 2