Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bibir pecah-pecah kadang tidak terlalu dirasakan oleh anak Anda. Namun dalam level parah, bibir pecah-pecah dapat menyebabkan kulit pada bibir retak, mengelupas dan berdarah. Sebenarnya apa penyebab bibir pecah-pecah pada anak dan bagaimana mengatasinya?

Mengatasi Bibir Pecah-Pecah pada Anak

Penyebab bibir pecah-pecah pada anak

Penyebab bibir pecah-pecah pada anak umumnya disebabkan karena kondisi kekurangan vitamin, dehidrasi dan bisa juga karena sakit. Beberapa penyakit seperti herpes, sindrom iritasi usus, penyakit Kawasaki, angular cheilitas dan pellagra umumnya dapat menunjukkan gejala bibir pecah-pecah pada anak.

Jika anak mengalami bibir pecah-pecah dan diiringi dengan diare, demam, iritasi tenggorokan, dan ada luka-luka di sekitar bibir, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Mengatasi bibir pecah-pecah pada anak

Bibir pecah-pecah merupakan gejala yang sering dialami anak-anak dan dewasa. Jika bibir pecah-pecah yang terjadi merupakan gejala penyakit serius, gejala ini akan berkurang ketika penyakit tersbeut diobati. Namun jika bibir pecah-pecah disebabkan karena sebab lainnya, Anda bisa mengatasinya dengan cara berikut ini:

1. Perbanyak minum air putih

Cukupi kebutuhan air pminum setiap harinya untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Usahakan anak-anak minum air putih sekitar 6-8 gelas sehari. Kebutuhan cairan dapat meningkat jika aktivitas anak sangat padat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Perbanyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah membantu tubuh anak agar tetap terhidrasi. Selain itu sayur dan buah juga mampu menjaga pertumbuhan sel tubuh dan menjaga bibir agar tidak mudah kering dan terkelupas.

3. Oleskan madu

Anda juga bisa mengurangi bibir pecah-pecah menggunakan madu. Cukup oleskan madu di bibir yang kering, lalu biarkan hingga mengering. Selain dioleskan, minum madu juga dapat membantu mengatasi bibir kering.

4. Gunakan pelembab bibir

Anda bisa mengoleskan pelembab bibir pada anak untuk membantu mengurangi bibir pecah-pecah. Namun pastikan pelembab bibir yang Anda gunakan adalah pelembab bibir yang aman bagi anak-anak. Jika bibir pecah-pecah semakin parah, Anda bisa menggunakan krim yang mengandung hidrokortison, atau segera periksakan ke dokter.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi