Terbit: 23 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Masa kehamilan merupakan masa di mana banyak biaya yang harus dikeluarkan. Para ibu hamil cukup sibuk menyiapkan berbagai jenis biaya yang dibutuhkan. Biaya USG 4 dimensi adalah salah satu biaya yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

Berapakah Biaya USG 4 Dimensi yang Harus Dikeluarkan?

Semakin hari semakin banyak ibu hamil yang berminat untuk melakukan USG 4 dimensi. Akan tetapi, masih banyak para ibu hamil yang belum mengetahui berapa besar biaya USG 4 dimensi yang dibutuhkan.

Baca terus informasi di bawah ini untuk menemukan biaya USG 4 dimensi dan faktor-faktor yang memengaruhi besanya biaya USG. Temukan pula informasi tambahan terkait USG 4 dimensi seperti pengertian usg 4 dimensi, keamanan usg 4 dimensi, berapa banyak usg 4 dimensi yang dibutuhkan, kapan USG 4 dimensi dilakukan dan lainnya.

Apa itu USG 4 dimensi?

USG 4 dimensi adalah jenis pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan ultrasonografi yang bisa menangkap gambar janin di dalam rahim secara lebih jelas. Apabila pada USG 3 dimensi, Anda hanya bisa melihat gambar janin saja maka Anda bisa melihat pergerakan dan suara janin pada USG 4 dimensi.

Apakah USG 4 dimensi aman?

Belum ditemukan adanya data USG 4 dimensi yang membahayakan janin. Selama penggunaan USG 4 dimensi dilakukan oleh dokter atau sonografer dan mengikuti petunjuk yang benar maka keamanan USG 4 dimensi adalah aman bagi janin dan ibu hamil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Bagaimana cara kerja USG 4 dimensi?

Sebagian ibu hamil mungkin memiliki rasa ingin tahu tentang bagaimana cara kerja USG 4 dimensi sehingga pergerakan bayi bisa dilihat dan suara bayi bisa didengar. Pada USG 4 dimensi terdapat sebuah alat bernama transduser.

Transduser akan ditempelkan di perut ibu hamil. Alat tersebut akan mengirimkan gelombang yang ada di dalam rahim. Gelombang tersebut akan dipantulkan sehingga monitor mendapatkan pesan dan menerjemahkannya ke layar monitor.

Anda pun bisa melihat gambar janin yang sedang bergerak. Selain itu, Anda juga bisa mendengar suaranya yang imut. Pada USG 4 dimensi, ibu hamil dan suaminya bisa melihat seperti apakah rupa calon bayi mereka. Inilah salah satu alasan mengapa banyak ibu hamil yang ingin melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi.

Apakah USG 4 dimensi perlu dilakukan?

Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan USG 4 dimensi memiliki beberapa manfaat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat USG 4 dimensi dan mampu membayar biayanya maka pemeriksaan USG 4 D perlu dilakukan.

Di samping itu, pemeriksaan USG 4 dimensi menjadi sebuah hal yang harus dilakukan apabila terdapat masalah medis pada janin. Dokter perlu melihat lebih jelas bagian tubuh janin yang diduga memiliki masalah dengan menggunakan USG 4 dimensi.

Kapan sebaiknya USG 4 dimensi dilakukan?

Mayoritas dokter menyarankan pemeriksaan USG 4 dimensi yang optimal dilakukan pada saat usia kehamilan Anda mulai memasuki minggu ke-26. Anda bisa melakukan USG 4 D sejak minggu ke-26 hingga minggu ke-30. Sebelum usia kehamilan mencapai minggu ke-26, pemeriksaan USG 4 dimensi menjadi tidak optimal. Mengapa begitu?

Hal ini dikarenakan sebelum memasuki usia kehamilan ke-26, janin belum memiliki banyak lemak. Hal ini pun akan memengaruhi kualitas gambar gerak bayi yang akan dipindai ke layar monitor. Selain itu, USG 4 dimensi pun juga akan mendapatkan hasil yang tidak optimal jika dilakukan pada saat usia kehamilan lebih dari 30 minggu.

Pada saat usia janin lebih dari 30 minggu, ukuran janin akan bertambah besar sehingga gambar bayi pun hanya akan didominasi oleh bagian tertentu saja. Janin dengan usia lebih 30 minggu biasanya sudah mulai turun ke panggul sehingga gambar janin sulit ditemukan.

Berapa banyak USG 4 dimensi biasa dilakukan?

Pada umumnya, pemeriksaan USG 4 dimensi dilakukan hanya sekali pada saat usia kehamilan berada pada kisaran minggu 26-30. Pemeriksaan USG 4 dimensi untuk kesekian kalinya biasanya dilakukan karena alasan medis tertentu.

Apa saja faktor yang memengaruhi biaya USG 4 dimensi?

Banyak di antara ibu hamil yang belum tahu dan ingin mengetahui berapa besar biaya USG 4 dimensi yang harus dikeluarkan. Sebenarnya biaya USG 4 dimensi tidaklah sama. Para ibu hamil yang telah melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi mengeluarkan biaya yang relatif berbeda.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang memengaruhi biaya USG 4 dimensi:

1. Kebijakan biaya dari pihak rumah sakit atau klinik

Perbedaan biaya USG 4 dimensi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor rumah sakit biasanya menjadi faktor utama terhadap kebijakan biaya yang diterapkan. Ada rumah sakit yang mematok biaya USG 4 dimensi cukup mahal dan ada pula yang cukup murah.

2. Lokasi rumah sakit atau klinik

Lokasi rumah sakit atau klinik di mana pemeriksaan USG 4 dimensi juga turut memengaruhi biayanya. Biaya USG 4 dimensi di kota besar biasanya lebih mahal daripada biaya USG 4 dimensi yang ada di kota kecil.

3. Ahli yang melakukan

Pemeriksaan USG 4 dimensi bisa dilakukan oleh dokter kandungan dan juga bisa dilakukan oleh sonografer. Pada beberapa rumah sakit terdapat perbedaan biaya tergantung pada siapa yang melakukan USG 4 dimensi terhadap pasien.

4. Hasil yang didapatkan

Seorang ibu hamil bisa saja membayar biaya USG 4 dimensi lebih murah bila tidak mendapatkan CD dan hasil cetak USG 4 dimensi. Ibu hamil akan membayar lebih mahal bila ingin mendapatkan hasil cetak USG 4 dimensi dalam bentuk foto.

Biaya USG 4 dimensi akan lebih mahal lagi bila seorang ibu juga ingin mendapatkan CD disamping hasil cetaknya. Biasanya para ibu hamil bersedia membayar lebih besar karena ingin mendapatkan CD dari hasil pemeriksaan USG 4 dimensi.

Pada CD tersebut terdapat rekaman pergerakan dan suara janin selama dilakukan pemeriksaan USG 4 dimensi. CD tersebut bisa dijadikan kenang-kenangan bagi para orang tua dan sang calon bayi di masa depan.

5. Biaya tambahan lainnya

Besarnya biaya USG 4 dimensi bisa juga dipengaruhi pada biaya tambahan yang disatukan. Ada rumah sakit yang mematok biaya USG 4 dimensi lebih mahal karena sudah memasukkan semua biaya seperti konsultasi dokter, hasil USG, dan lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu lebih jelas untuk menanyakan informasi ini.

Berapa biaya USG 4 dimensi?

Anda telah mengetahui bahwa biaya USG 4 dimensi cukup bervariasi tergantung pada beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Rata-rata, biaya USG 4 dimensi di Jakarta memiliki kisaran antara RP 400.000,- hingga Rp 800.000,-

Biaya USG 4 dimensi yang Anda ketahui bisa saja lebih murah atau lebih mahal dari kisaran biaya tersebut. Adapula rumah sakit tertentu di Jakarta yang mematok biaya USG 4 dimensi hanya sekitar Rp 200.000,-.

Biaya ini termasuk biaya yang sangat murah. Akan tetapi, Anda perlu teliti karena bisa jadi ada tambahan biaya lainnya. Namun, ada juga rumah sakit elit di Jakarta yang mematok biaya USG 4 dimensi sekitar Rp 1.500.000,-. Ini bisa jadi dikarenakan biaya tambahan yang sudah dimasukkan.

Tips menghemat biaya USG 4 dimensi

Tidak semua ibu hamil memiliki kemampuan dalam membayar biaya USG 4 dimensi. Bagi ibu hamil yang ingin melakukan penghematan biaya USG 4 dimensi, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Berikut ini adalah beberapa tips menghemat biaya USG 4 dimensi:

  • Survei biaya USG 4 dimensi di beberapa rumah sakit atau klinik di area Anda.
  • Lihat biaya di website atau langsung menelepon.
  • Tanyakan dengan jelas tentang apa saja yang akan didapat dengan biaya sebesar itu.
  • Apabila ada biaya tambahan yang belum masuk maka tanyakan besarnya biaya tambahan tersebut.
  • Survei biaya USG 4 dimensi di beberapa forum website.
  • Lakukan perbandingan biaya.
  • Pertimbangkan secara optimal antara besarnya biaya, apa saja yang didapatkan serta reputasi rumah sakit dan dokter tersebut.

Tips tersebut bisa membantu Anda Anda dalam memutuskan di mana Anda akan melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi dengan mendapatkan biaya yang termurah namun tetap memerhatikan kualitas.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi