Bersin Berturut-Turut di Pagi Hari, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

cara-mengatasi-bersin-tapi-tidak-jadi-doktersehat

DokterSehat.Com– Karena suhu udara yang lebih dingin, sangat wajar jika kita bersin-bersin di pagi hari. Namun, jika kita sampai bersin-bersin secara berturut-turut, bisa jadi ada yang salah dengan kondisi kesehatan atau lingkungan tempat kita tinggal seperti sebagai berikut.

Terkena rhinitis
Rhinitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga hidung yang dipicu oleh reaksi alergi layaknya cuaca dingin, debu, bulu peliharaan, atau bahkan polusi udara. Gejala dari masalah rhinitis ini adalah hidung yang berair atau tersumbat, bersin yang datang terus menerus, mata yang terasa gatal dan berair, dan batuk-batuk.

Terkena sinusitis
Sinusitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada rongga sinus yang bisa menyebabkan rasa sakit pada tulang wajah dan hidung, bersin berturut-turut, pilek yang disertai dengan ingus, hingga sakit kepala.

Polip hidung
Jika sampai polip membesar, maka hidung akan tersumbat dan berair, kesulitan bernafas, kerap bersin-bersin, dan mengalami gangguan pada penciuman.

Jika sampai kita sering mengalami bersin berturut-turut di pagi hari, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter THT untuk mengetahui apa penyebab dari hal ini dengan tepat sehingga kita bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai. Biasanya, dokter akan melakukan tes pada hidung, telinga, tenggorokan, darah, hingga tes alergi.

Jika memang penyebabnya ternyata adalah debu atau kotoran yang ada pada rumah kita, segeralah bersihkan rumah, termasuk dengan mengganti sprei atau sarung bantal agar kita tidak sampai mengalami reaksi alergi sehingga kerap bersin berturut-turut di pagi hari. Selain itu, jangan lupa selalu rajin membersihkan AC dan kipas angin karena seringkali peralatan elektronik ini kotor dan berdebu sehingga memicu datangnya alergi.