Bersihkan Liver dari Racun dengan Minum Ini

beberapa-fungsi-hati-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu organ tubuh yang paling penting bagi kesehatan tubuh kita adalah liver atau hati. Tanpa adanya organ ini, tubuh tidak akan mengalami proses pembersihan racun setiap hari dan akhirnya lebih rentan untuk terkena berbagai macam penyakit. Sayangnya, gaya hidup kita yang tidak sehat cenderung membuat kita lebih rentan untuk terkena gangguan fungsi liver sehingga proses pembersihan racun bisa terganggu.

Terdapat beberapa jenis masalah kesehatan yang bisa menyerang hati atau liver seperti perlemakan hati, hepatitis, hingga datangnya kanker yang mematikan. Demi mencegah datangnya berbagai macam penyakit tersebut, ada baiknya kita mengonsumsi minuman sehat dan menyegarkan seperti teh chamomile yang bisa membantu membersihkan liver dengan efektif.

Teh chamomile sudah lama dikenal sebagai minuman sehat yang kaya akan manfaat kesehatan. Untuk membuatnya, kita hanya perlu merebus beberapa tangkai bunga chamomile bersama dengan air. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan teh chamomile siap saji di berbagai tempat. Dengan mengonsumsi teh chamomile setiap malam, maka hati dan usus bisa dibersihkan sehingga racun bisa dikeluarkan dan fungsinya pun bisa tetap terjaga.

Minuman lain yang sangat direkomendasikan untuk membersihkan hati adalah campuran antara teh jahe dan lemon. Keduanya dikenal sebagai bahan alami yang menyegarkan dengan rasa yang nikmat. Untuk membuatnya, kita hanya perlu memasukkan potongan jahe dan irisan lemon ke dalam air dan merebusnya bersama-sama. Setelah campuran ini mendidih, dinginkan dan minumlah secangkir minuman ini setiap malam. Dalam dua pekan, kita biasanya akan merasakan manfaat sehatnya.

Selain minuman, ternyata ada juga makanan yang bisa membantu membersihkan racun di dalam liver kita. Makanan ini adalah smoothie gandum. Untuk membuat smoothie ini, kita hanya perlu merendam secangkir oatmeal di dalam air selama 7 jam. Setelahnya, kita tinggal menyaringnya dan mencampurkannya dengan satu sendok makan kayu manis. Blender campuran tersebut dan jadilah smoothie yang bisa kita konsumsi setiap malam.

Smoothie gandum ini bisa membantu menurunkan racun dan lemak yang ada di dalam liver kita sehingga membuat fungsinya semakin membaik.