DokterSehat.Com– Olahraga apa yang Anda sukai? Ya, banyak sekali jenis olahraga yang bisa dipilih. Salah satunya, bersepeda. Selain mengasyikan, bersepeda juga membakar kalori dan menyehatkan.

manfaat-bersepeda-doktersehat

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang cukup praktis dan mudah untuk digunakan. Anda hanya butuh mengayuhnya saja tanpa harus mengisinya dengan bahan bakar. Tentu saja, dengan bersepeda Anda bisa menghemat pengeluaran biaya dan polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan berbahan bakar minyak akan menurun.

Photo Credit : pexels.com

Selain itu, bersepeda akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan bugar karena bersepeda juga termasuk ke dalam kategori olahraga praktis. Bersepeda sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Meskipun otot-otot tubuh terasa pegal dan berkeringat saat mengayuh sepeda, namun faktanya bersepeda masih sangat disukai karena dengan bersepeda dapat menikmati pemandangan alam sehingga rasa lelah tersebut hilang.

Bersepeda juga dapat mengatasi depresi, stres, dan kecemasan serta masalah psikis lainnya. Selain itu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, bersepeda adalah salah satu pilihan yang tepat karena bisa menurunkan berat badan dengan signifikan dan mencegah masalah kenaikan berat badan.

Tahukah Anda, selain dapat membuat tubuh sehat dan bugar bersepada juga bisa memperpanjang usia Anda. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan pada para pecinta sepeda di Copenhagen, Denmark menemukan bahwa seseorang yang mengayuh sepedanya dengan cepat, memiliki kemungkinan hidup lima tahun lebih lama daripada yang bersepeda dengan kayuhan lambat.

Tidak hanya umur panjang, dalam studi tersebut ditunjukkan bahwa bersepeda juga dapat mempertahankan massa dan kekuatan otot. Tingkat lemak tubuh menjadi stabil dan kolesterol turun bagi mereka yang menginjak usia tua. Hal itulah yang bisa membuat bersepeda dapat memperpanjang usia.

Namun, perlu Anda ingat bahwa olahraga bersepeda hanya menambah kemungkinan harapan hidup secara medis saja, sehingga lebih sehat dan memudahkan aktivitas yang memerlukan ketahanan fisik.