Berpelukan Bisa Cegah Hipertensi

Doktersehat-berpelukan

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali cara untuk mencegah datangnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Biasanya, kita sangat disarankan untuk mengelola stres dengan baik, mengatur pola makan yang sehat, dan rajin berolahraga demi membantu melancarkan peredaran darah.

Selain itu, jika kita memang sudah memiliki pasangan atau keluarga yang sangat kita cintai, jangan ragu untuk sering-sering berpelukan. Meski terlihat seperti aktivitas yang biasa, dalam realitanya berpelukan juga bisa mencegah datangnya hipertensi.

Dilansir dari The List, berpelukan dengan orang yang disayang bisa memberikan sensasi bahagia. Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Biological Psychology, dihasilkan fakta bahwa wanita yang baru saja dipeluk pasangannya mengalami penurunan tekanan darah dengan signifikan.

Sebagai informasi, fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek kondisi 59 wanita pre-menopause setelah dipeluk pasangannya.

Setelah dipeluk, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dari otak yang mampu menurunkan tekanan darah. Hormon inilah yang kemudian berperan besar dalam membuat pikiran menjadi rileks sekaligus membuat tekanan darah menurun.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa tatkala hipertensi muncul, pembuluh darah arteri mengeras dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

Hal ini bisa berimbas pada beberapa organ tubuh yang tidak mendapatkan pasokan darah dengan cukup, khususnya jantung. Jika dibiarkan, maka risiko terkena stroke dan penyakit kardiovaskular bisa meningkat.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk berpelukan dengan orang yang terkasih, baik itu suami, istri, anak, orang tua, atau bahkan pacar dan sahabat. Aktivitas ini bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.