Terbit: 4 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak semua orang terbiasa melakukan olahraga di luar rumah sembari menikmati sinar matahari pagi. Ada yang bahkan sengaja melakukannya sambil menonton televisi sembari mengikuti acara olahraga atau mendengarkan lagu favorit. Sebenarnya, apakah olahraga sambil menonton televisi bisa memberikan manfaat kesehatan?

olahraga-televisi-doktersehat

Berolahraga Sambil Menonton Televisi

Jika kita membicarakan tentang televisi atau peralatan elektronik lainnya, hal yang akan terpikir biasanya adalah tubuh yang menjadi tidak aktif dan membuat kita seperti kurang gerak. Hanya saja, jika kita berolahraga sambil menonton acara olahraga seperti senam atau yoga misalnya, hal ini ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan, lho.

Sebuah penelitian di University of Ottawa, Kanada dilakukan dengan mengecek kebiasaan makan dan kebiasaan bergerak para pemuda yang terbiasa berolahraga sambil menonton televisi dan mendengarkan musik. Penelitian ini kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Appetite.

Partisipan yang dilibatkan adalah 24 remaja pria dengan usia rata-rata kurang dari 15 tahun. Mereka melakukan olahraga jogging di atas treadmill selama 30 menit di pagi hari sembari menikmati acara televisi yang mereka pilih sendiri, mendengarkan musik, atau tidak menikmati sama sekali televisi dan musik. Olahraga dilakukan seminggu sekali selama 30 menit. Mereka juga dicek kebisaan makan siang dan makan malam setelah melakukan olahraga dan seberapa aktif mereka sepanjang hari.

Beberapa penelitian sebelumnya membuktikan bahwa setelah menonton acara televisi atau mendengarkan musik, banyak partisipan yang kemudian kurang gerak dan lebih suka malas-malasan, namun di penelitian yang dilakukan di Ottawa ini, hasilnya justru berbeda.

Para partisipan cenderung tidak makan dengan berlebihan atau malas-malasan. Mereka tetap aktif seperti biasa setelah melakukan olahraga sambil melihat acara televisi atau mendengarkan musik. Bahkan, aktivitas olahraga yang dilakukan cenderung lebih baik karena mereka bisa lebih menikmatinya.

“Temuan ini sepertinya bisa menjadi salah satu solusi bagi siapa saja agar bisa lebih bersemangat untuk melakukan olahraga,” ucap salah satu peneliti yang terlibat Jean-Philippe Chaput.

Melihat fakta ini, jika kita memang terbiasa berolahraga di dalam ruangan sambil menonton acara televisi atau mendengarkan musik, tetap lanjutkan kebiasaan ini karena manfaatnya akan tetap terasa. Tubuh juga akan tetap bugar.

Tips Agar Olahraga Lebih Menyenangkan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar olahraga bisa lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Lakukan Olahraga yang Kita Sukai

Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang kurang kita sukai karena hal ini akan membuat kita ogah-ogahan melakukannya. Sebagai contoh, jika kita tidak suka jogging karena melelahkan, sebaiknya mencari olahraga lain yang disukai seperti bersepeda atau berenang. Hal ini akan membuat kita lebih nyaman untuk melakukannya secara rutin.

  1. Temukan Teman atau Komunitas yang Menyukai Olahraga Ini

Jika kita menemukan teman atau bergabung dengan komunitas yang menyukai olahraga tertentu, maka semangat untuk melakukannya secara rutin bisa semakin meningkat. Sebagai contoh, komunitas bersepeda biasanya memiliki acara rutin untuk pergi ke suatu tempat setiap minggu. Hal ini tentu akan membuat kita lebih senang melakukannya.

  1. Pilih Olahraga yang Bisa Membuat Kita ‘Bermain’

Sepak bola, futsal, voli, atau bulu tangkis adalah olahraga-olahraga permainan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Tak ada salahnya untuk memilih olahraga-olahraga ini agar kita menjadi lebih aktif bergerak.

  1. Jangan Berlebihan

Meski kita sedang ingin menurunkan berat badan, lakukan olahraga secukupnya saja. Hal ini akan membuat tubuh tidak mudah lelah dan kita akan tetap bersemangat melakukannya di lain waktu.

  1. Olahraga Sambil Menikmati Pemandangan

Cobalah untuk jogging atau bersepeda di lingkungan dengan pemandangan yang menarik. Hal ini akan membuat kita merasa jauh lebih senang dan akhirnya lebih bersemangat melakukannya.

 

Sumber:

  1. 2019. If you like to exercise to music or while watching TV, don’t stop. It’s probably good for you. scmp.com/lifestyle/health-wellness/article/2165917/if-you-exercise-music-or-while-watching-tv-dont-stop-its. (Diakses pada 3 November 2019).

DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi