Bermain Ponsel Saat Makan, Pria Ini Tersedak Hingga Operasi

kebersihan-ponsel-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Akun Twitter @javafoodie_ belakangan ini viral di media sosial karena mengunggah kisah pamannya yang tersedak parah hingga harus masuk ruang operasi rumah sakit gara-gara bermain ponsel saat makan. Kejadian ini berlangsung pada Kamis, 19 Juli 2018 lalu.

Dalam realitanya, banyak orang yang masih menggunakan ponselnya saat makan. Tak hanya untuk mengobrol via aplikasi percakapan, kita juga membaca media sosial atau artikel-artikel yang menarik saat makan. Meski terlihat mengasyikkan, pakar kesehatan telah berkali-kali memperingatkan bahaya dari bermain ponsel saat makan.

Sang paman yang sedang mengonsumsi gulai kikil tersedak kikil dengan ukuran yang sangat besar, yakni sekitar seukuran bola bekel. Hal ini membuat saluran pernapasannya tersumbat dan memicu sesak napas. Khawatir akan memicu dampak yang lebih buruk, pihak keluarga pun langsung melarikannya ke rumah sakit. Ternyata, sesampainya disana, sang paman harus masuk ke ruang operasi demi mengangkat kikil yang menyumbat pernapasannya.

Tanpa kita sadari, bermain ponsel saat makan bisa membuat kita tidak benar-benar berkonsentrasi dengan aktivitas makan kita. Hal ini berpengaruh besar pada kinerja katup yang membatasi tenggorokan dan kerongkongan. Saat kita seharusnya menelan makanan, katup ini bisa saja terbuka dan membuat makanan masuk ke dalam saluran pernapasan dan memicu tersedak.

Jika sampai kita tersedak, maka kita akan mengalami sesak napas. Memang dalam banyak kasus makanan bisa kembali dikeluarkan, namun jika makanan ini kemudian terjebak di dalam saluran pernapasan, bisa jadi asupan oksigen ke paru-paru akan berhenti dan membuat organ-organ tidak lagi mendapatkan oksigen. Hal ini bisa memicu dampak yang fatal termasuk kematian.

Melihat adanya fakta ini, pemilik akun @javafoodie_ mengingatkan kita untuk tidak lagi menggunakan ponsel saat makan demi mencegah kejadian mengerikan ini.