Bermain Ponsel 20 Jam, Wanita Ini Terserang Stroke

doktersehat-anak-main-handphone-gadget

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika bermain ponsel dalam waktu yang lama bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Sayangnya, kini semakin banyak orang yang bisa menghabiskan waktunya untuk bermain ponsel, khususnya permainan online atau bahkan sekadar menggunakan aplikasi percakapan hingga berjam-jam lamanya.

Dikutip dari Asia One, seorang wanita dari Tiongkok hampir saja kehilangan nyawanya karena terserang stroke pada awal Maret 2018 akibat menggunakan ponselnya hingga 20 jam. Hal ini dilakukan demi mengatasi kebosanan saat melakukan perjalanan kereta dari Henan ke Ganzhou. Di dalam kereta yang penuh sesak dengan penumpang ini, wanita yang tidak disebutkan namanya dan hanya diketahui berusia 40 tahunan ini hanya bisa duduk selama perjalanan.

Setelah keluar dari kereta, tiba-tiba saja wanita ini pingsan di stasiun. Petugas pun langsung melarikannya ke Jinan University First Affiliated Hospital. Disana, sang wanita didiagnosis terkena gejala stroke seperti pikiran yang linglung, berbicara dengan tidak jelas, dan sensasi lemah pada salah satu sisi tubuh.

Dr. Meng yang menangani kondisi sang wanita pun segera melakukan pemindaian dengan CT dan MRI. Hasilnya adalah, terdapat penggumpalan darah yang menyumbat aliran darah ke sisi kiri otaknya. Wanita ini pun langsung dioperasi selama 3 jam untuk menghilangkan gumpalan dengan ukuran 2 cm tersebut.

Setelah menjalani masa pemulihan dan sadarkan diri, sang wanita terkejut saat tahu bahwa dirinya baru saja terserang stroke. Ia mengaku selama ini sehat-sehat saja dan tidak memiliki masalah kardiovaskular. Dokter pun kemudian menduga jika hal ini disebabkan oleh lamanya waktu bermain ponsel yang bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah leher.

Tidak bergerak dalam waktu lama juga bisa membuat sirkulasi darah memburuk dan memicu penggumpalan darah. Padahal, gumpalan inilah yang bisa memicu datangnya stroke.

Kalau Sobat Sehat terbiasa bermain ponsel lama-lama tidak?