Terbit: 22 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak laki-laki berusia 9 tahun yang tidak disebutkan namanya dari Yunani mengalami kejadian mengenaskan gara-gara bermain laser. Karena mengarahkan laser ini ke matanya, bagian retinanya bahkan sampai terbakar dan berlubang. Bagaimana ceritanya?

Bermain Laser, Mata Bocah Ini Berlubang!

Dilansir dari Fox News, laser yang dimainkan oleh sang bocah berwarna hijau. Sayangnya, ia tanpa sengaja mengarahkan sinar laser ini ke matanya sehingga membuatnya mengalami penurunan kemampuan melihat dengan signifikan. Dalam kasus yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine ini, dokter menemukan lubang yang cukup besar pada retina mata kirinya.

Kini, sang bocah hanya memiliki penglihatan 20 persen pada mata kirinya, kontras dengan kondisi penglihatan mata kanannya yang masih dalam kondisi baik. Jurnal ini tidak merinci seperti apa jenis laser yang dimainkan oleh sang bocah, namun banyak orang yang menduga bahwa laser ini adalah laser biasa yang bisa kita temukan dengan mudah di toko internet dan dipakai guru atau pekerja kantoran yang membutuhkan penunjuk saat rapat atau mengajarkan sesuatu.

“Besarnya diameter lubang pada retina mata sang anak membuat kami memilih untuk merawatnya dengan cara selain operasi. Sayangnya, hingga 18 bulan setelah menjalani terapi untuk pertama kalinya, kondisi mata sang bocah belum mengalami perbaikan yang berarti,” tulis sang dokter dalam jurnal tersebut.

Anak-anak memang menyukai laser atau permainan dengan cahaya lainnya. Sayangnya, karena ada kemungkinan laser bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan matanya, ada baiknya memang kita harus berhati-hati dalam menyimpannya dan tidak menjadikannya mainan anak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi