Bermain Dengan Ular Kobra Sambil Diunggah ke Story WA, ABG Ini Tewas

DokterSehat.Com– Syahril Sultan Nasir, pemuda berusia 14 tahun harus meregang nyawa akibat dipatok ular kobra pada hari Senin, 11 Desember 2017 lalu. Yang lebih mengenaskan adalah, Ia sempat mengunggah beberapa momen saat bermain dengan ular peliharaannya ini di story WhatsApp (WA), termasuk setelah dipatok ular tersebut.

Dalam unggahan pada pukul 09:50, Senin, 11 Desember lalu, terlihat Syahril memfoto ular berjenis king kobra yang berada dalam kepala tegak dengan keterangan “senyum dikit napa”. Sayangnya, 4 menit kemudian, Syahril kembali mengunggah foto yang menunjukkan lengan kirinya sudah dipatok ular tersebut dan diikat dengan tali sepatu. “Antara hidup dan mati” tulisnya di keterangan story tersebut.

Bukan bertujuan untuk pamer, unggahan terakhir Syahril sebenarnya adalah cara terakhir yang Ia lakukan untuk meminta tolong karena Ia sedang sendirian di rumah. Ia juga sudah berusaha menelepon rekan-rekan di komunitas reptilnya namun tidak ada yang menjawab. Sekitar 1 jam kemudian, Syahril baru sempat dibawa ke rumah sakit Al Ihsan. Namun, pada pukul 22:00 malam harinya, Ia akhirnya meninggal dunia.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika tergigit ular berbisa, yakni:

  • Tetap tenang dan mengingat jenis, warna, dan ukuran ular sehingga kita bisa memberitahu petugas medis nantinya jenis ular seperti apa yang mematok sehingga bisa mendapatkan penawar yang tepat.
  • Luka patokan harus diposisikan lebih rendah dari bagian tubuh lainnya.
  • Segera bersihkan bekas patokan namun ada baiknya tidak dibilas dengan air. Tutuplah dengan kain kering bersih.
  • Segera cari pertolongan medis.

Sementara itu, hal-hal yang perlu hindari setelah tergigit ular adalah sebagai berikut.

  • Jangan menyedot bisa ular atau bahkan menyayat kulit di sekitar patokan ular dengan tujuan mengeluarkan darah.
  • Jangan menggosok zat kimia atau mengompres bekas patokan ular.
  • Jangan mengikat terlalu keras pada luka gigitan.
  • Jangan mengejar atau menangkap ular.

Segera cari pertolongan medis secepat mungkin karena gigitan ular berbisa seringkali sangat mematikan dalam waktu yang cepat.