Mengapa Berkeringat Saat Demam Terasa Nyaman?

demam-sakit-doktersehat
Photo Source: Freepik/lyashenko

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang bisa memberikan sensasi sangat tidak nyaman pada tubuh adalah demam. Bagaimana tidak, hal ini akan membuat tubuh terasa panas, gerah, namun kedinginan. Hanya saja, jika dicermati, jika kita kemudian mulai berkeringat, tubuh mulai terasa nyaman. Sebenarnya, apa penyebab dari munculnya sensasi nyaman ini?

Penyebab Berkeringat Saat Demam Terasa Lebih Nyaman

Pakar kesehatan menyebut berkeringat sebagai salah satu cara alami tubuh demi menurunkan suhu tubuh yang memang cenderung meningkat saat sedang demam. Saat suhu tubuh naik, maka sistem saraf akan mengirim sinyal ke kelenjar keringat untuk berproduksi lebih banyak sehingga akan membantu panas tubuh keluar dengan lebih cepat. Hal ini akan membuat tubuh akan terasa lebih nyaman.

Selain itu, berkeringat saat sedang demam juga akan mencegah datangnya heatstroke, kondisi yang biasa terjadi jika suhu tubuh mencapai atau melebihi 40 derajat Celcius. Kondisi ini bisa membahayakan karena akan mempengaruhi organ-organ tubuh atau membuat hilangnya kesadaran.

Tips Membuat Tubuh Lebih Cepat Berkeringat Saat Demam

Demi membuat tubuh lebih cepat berkeringat dan terasa nyaman, kita bisa melakukan beberapa hal.

Berikut adalah berbagai hal yang bisa kita lakukan tersebut.

  1. Berendam di Dalam Air Hangat

Berendam di dalam air hangat terasa sangat nyaman untuk dilakukan, apalagi saat kita sedang sakit. Keberadaan uap hangat juga akan membuat suhu tubuh kita membaik dan merasa jauh lebih enakan.

Jika kita juga mengalami flu saat demam, berendam di dalam air hangat juga bisa membuat hidung yang sebelumnya tersumbat menjadi lebih lega. Uap panas akan membuat lendir di dalam saluran pencernaan menjadi lebih encer dan mudah untuk keluar.

  1. Melakukan Olahraga

Banyak orang yang memilih untuk menghindari olahraga saat sedang sakit karena berpikir jika hal ini akan membuat tubuh akan terasa tidak karuan, namun saat sedang mengalami demam, ada baiknya memang kita melakukan olahraga, meskipun olahraga yang dilakukan adalah yang ringan.

Pakar kesehatan menyebut olahraga akan membuat sistem imun tubuh akan menjadi semakin kuat. Hal ini tentu akan membuat proses penyembuhan akan berlangsung dengan lebih cepat.

Hanya saja, jika demam sudah sangat parah hingga membuat dada sesak, sakit kepala, atau nyeri perut, ada baiknya kita tidak memaksakan diri untuk berolahraga karena hal ini bisa membuat kondisi kesehatan semakin memburuk.

  1. Mengonsumsi Sup Hangat

Sup Hangat bisa membuat tubuh yang sedang demam akan terasa jauh nyaman. Kita juga akan mengeluarkan lebih banyak keringat. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan cabai terlalu banyak karena bisa membuat tubuh justru terasa tidak karuan.

Beberapa Tips Untuk Mengatasi Demam

Selain dengan minum obat yang diberikan oleh dokter, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal yang bisa kita lakukan demi membantu tubuh mengatasi demam.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan tersebut.

  1. Minum Jahe

Mengonsumsi air jahe hangat bisa mengatasi pilek, batuk-batuk, dan mual-mual. Jahe juga bisa membantu membuat tubuh terasa jauh lebih nyaman saat demam.

  1. Minum air rebusan kunyit

Air rebusan kunyit memiliki kandungan kurkumin dan antioksidan yang bisa membantu mengatasi demam dengan efektif.

  1. Minum Air Kelapa Muda

Air kelapa muda yang menyegarkan akan menghidrasi tubuh sekaligus membantu proses penyembuhan tubuh saat demam. Kita bisa menambahkan jeruk nipis demi menambahkan kadar vitamin C dan antioksidan.

 

Sumber:

  1. Crissman, Katie. 2019. Why Does Body Sweat When You’re Sick. mycarpe.com/why-does-the-body-sweat-when-youre-sick.html. (Diakses pada 8 September 2019).