Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minyak esensial merupakan minyak yang diekstrak dari tanaman dan biasanya digunakan sebagai bahan pengobatan atau perawatan kecantikan. Hingga saat ini, telah banyak beragam minyak esensial yang dijual di pasaran dan bisa digunakan sebagai aroma terapi, atau bahkan untuk campuran perawatan tubuh. Bahkan, beberapa kosmetik atau produk skincare juga telah menambahkan minyak esensial dalam produknya untuk mendapatkan manfaat tambahan yang baik untuk tubuh dan kulit.

Berkenalan dengan Minyak Evening Primrose

Photo Credit: Flickr.com/ Meredith Leigh Collins

Minyak evening primrose merupakan salah satu dari minyak esensial yang banyak digunakan untuk perawatan kesehatan dan kecantikan. Minyak primrose sendiri dikenal karena kemampuannya untuk menyeimbangkan kadar hormon, menyembuhkan gejala menopause, dan membantu persalinan.

Evening primrose adalah tanaman kecil yang menghasilkan bunga kecil cantik berwarna kuning pada musim semi dan musim panas. Minyak esensial dari tanaman ini dibuat dengan mengekstrak biji pohon evening primrose.

Minyak yang dihasilkan berwarna kuning keemasan dengan aroma sedikit seperti kacang. Minyak ini memiliki konsistensi kental dan menyerap ke dalam kulit dengan lambat. Masa penyimpanan minyak ini mencapai 6 bulan, namun bisa lebih lama jika Anda menyimpannya di dalam lemari pendingin.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Umumnya, minyak evening primrose aman untuk kebanyakan orang yang menggunakannya dalam jangka waktu pendek dan dengan dosis yang direkomendasikan. Namun penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan efek seperti mual, sakit kepala dan kotoran yang encer. Jika Anda mengalami gejala tersebut, artinya Anda telah menggunakan minyak evening primrose dengan dosis yang terlalu tinggi.

Agar tidak menimbulkan reaksi alergi, pastikan untuk selalu menguji kosmetik atau bahan apapun yang akan anda gunakan. Demikian pula sebelum menggunakan minyak evening primrose. Oleskan sedikit pada lengan atau leher untuk memeriksa apakah timbul iritasi, kemerahan atau ruam dalam 1-2 jam. Jika tidak, minyak ini aman untuk Anda gunakan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi