Terbit: 7 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di akhir pekan, banyak orang yang melakukan hobinya. Salah satu hobi yang kini mulai digemari oleh banyak orang adalah berkebun. Tak hanya membuat taman atau halaman menjadi lebih menarik, pakar kesehatan menyebut hobi berkebun bisa membantu menurunkan risiko kanker prostat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Berkebun Bisa Turunkan Risiko Kanker Prostat

Manfaat Berkebun bagi Risiko Kanker Prostat

Penelitian yang dilakukan di Bristol University, Inggris dilakukan untuk mengetahui bagaimana dampak dari kebiasaan berkebun. Setidaknya, 140 ribu pria dilibatkan dalam penelitian ini.

Hasilnya adalah, mereka yang lebih rajin melakukan aktivitas fisik memiliki risiko lebih kecil 51 persen untuk terkena kanker prostat. Menariknya, aktivitas fisik yang ringan seperti berkebun atau berjalan kaki dianggap bisa menurunkan risiko dari penyakit ini dengan efektif.

“Kami ingin memberikan pesan bahwa jika kaum pria ingin mencegah kanker prostat, sebaiknya lebih rajin melakukan aktivitas fisik,” ucap salah satu peneliti, dr. Sarah Lewis.

Lewis menyebut aktivitas fisik seperti olahraga memang lebih direkomendasikan, namun karena banyak orang yang terlalu sibuk di hari kerja, maka aktivitas ini belum tentu bisa rutin dilakukan. Dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan seperti dengan lebih rajin berjalan kaki atau melakukan hobi seperti berkebun, dampaknya bagi risiko kanker prostat akan sama.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Lewis juga menyebut kegiatan seperti berkebun ini sangatlah bermanfaat bagi mereka yang berusia lebih dari 50 tahun.

Sebagai informasi, penelitian lain yang dilakukan tim gabugan dari World Cancer Research Fund (WCRF) serta Cancer Research UK yang dipublikasikan hasilnya dalam International Journal of Epidemiology menghasilkan fakta bahwa lebih dari 16 persen pria yang ada di Inggris didiagnosis kanker prostat. Kasus ini cukup tinggi sehingga membuat para pria sangat disarankan untuk lebih rutin melakukan aktivitas fisik demi mencegah kedatangan penyakit ini.

Berbagai Cara Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Tak hanya lebih rajin melakukan aktivitas fisik, pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan demi menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Menghindari rokok

Sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa memberikan dampak kesehatan yang sangat buruk. Masalahnya adalah masih banyak orang, khususnya kaum pria yang terbiasa melakukannya. Padahal, rokok bisa meningkatkan risiko kanker prostat hingga 24-30 persen. Bahkan, kanker prostat yang terkait dengan rokok disebut-sebut jauh lebih ganas dan agresif sehingga berpotensi mematikan.

Tak hanya berhenti merokok, kita juga sebaiknya cermat agar tidak menjadi perokok pasif demi mencegah efek buruk dari hal ini.

  1. Lebih Banyak Makan Sayur

Sayuran dari keluarga kubis layaknya brokoli, bokchoy, kembang kol, dan sejenisnya sangatlah disarankan untuk rutin dikonsumsi oleh kaum pria karena bisa menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker prostat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan glucosinolates yang termasuk dalam senyawa aktif yang bersifat anti kanker.

  1. Menurunkan Asupan Daging-Dagingan

Meski rasanya enak, sebaiknya asupan daging-dagingan tidak dilakukan dengan berlebihan karena adanya kandungan lemak hewani yang terkait dengan risiko kanker prostat.

  1. Menjaga Berat Badan

Pria yang mengalami masalah kelebihan berat badan ternyata lebih rentan terkena kanker prostat jika dibandingkan dengan pria yang memiliki berat badan ideal. Pastikan untuk menjaga berat badan atau menurunkannya demi menurunkan risiko terkena penyakit ini.

  1. Rutin Berhubungan Intim

Jika sudah memiliki pasangan resmi, ada baiknya pria rutin berhubungan intim. Tak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan mental, hal ini akan membuat mereka lebih sering melakukan ejakulasi yang berimbas pada menurunnya risiko kanker prostat.

 

Sumber:

  1. Young, Sarah. 2019. GARDENING OR WALKING ‘CAN CUT MEN’S RISK OF PROSTATE CANCER IN HALF’. independent.co.uk/life-style/health-and-families/prostate-cancer-exercise-gardening-walking-risk-protect-a9233751.html (Diakses pada 7 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi