Salah satu cara yang bisa kita lakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar adalah dengan rutin berolahraga. Sayangnya, karena berbagai kesibukan, kita sulit untuk melakukannya secara teratur. Beruntung, pakar kesehatan menyebut kita masih bisa membiasakan diri untuk lebih sering berjalan kaki demi mendapatkan manfaat yang mirip dengan rutin berolahraga.

berjalan-doktersehat

Berjalan Kaki Bisa Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian yang diunggah hasilnya dalam Journal of Clinical Oncology dan melibatkan data dari 750 ribu orang dewasa yang tinggal di Australia, Benua Eropa, dan Amerika Serikat, dihasilkan fakta bahwa rutin melakukan olahraga berjenis aerobik ringan dalam waktu 150 menit seminggu dan aerobik berat dengan durasi 75 menit per pekan bisa menurunkan risiko tujuh jenis kanker, yakni kanker usus, kanker ginjal, kanker rahim, kanker hati, kanker payudara, kanker myeloma, serta kanker limfoma non-hodgkin.

Menariknya, jika kita rutin berjalan kaki minimal 20 menit saja setiap hari, sudah bisa menurunkan risiko terkena kanker-kanker ini dengan efektif.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa rutin berolahraga akan menurunkan risiko terkena kanker hati hingga 18-27 persen. Jika kita berolahraga ringan dengan durasi 150 menit setiap minggu maka risiko kanker payudara bisa ditekan hingga 6 persen. Risiko terkena kanker rahim dan limfoma non-hodgkin juga bisa diturunkan hingga 18 persen.

Risiko terkena kanker ginjal pada pria ataupun wanita yang rutin berolahraga bisa diturunkan hingga 11-17 persen. Kanker darah myeloma juga bisa ditekan risikonya hingga 19 persen. Sementara itu, kaum pria yang rutin berolahraga bisa menurunkan risiko kanker usus 14 persen. Semakin meningkat aktivitas fisiknya, semakin turun risiko kanker tersebut.

“Kami menemukan fakta menarik tentang aktivitas fisik ringan layaknya berjalan kaki ternyata bisa memberikan dampak jauh lebih besar dari yang kita duga sebelumnya dalam hal menurunkan risiko kanker,” ucapa salah satu peneliti yang terlibat, Alpa Patel dari American Cancer Society.

Melihat fakta ini tak perlu ragu untuk rutin berjalan kaki karena bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Berbagai Manfaat Rutin Berjalan Kaki

Pakar kesehatan menyebut ada khasiat tak terduga jika kita rutin berjalan kaki setiap hari. Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Membuat Berat Badan Turun

Salah satu jenis olahraga yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang menjalani program diet adalah berjalan kaki. Hal ini disebabkan oleh kemampuan olahraga ini dalam membuat respons insulin tubuh meningkat. Tak hanya membuat tubuh mendapatkan asupan energi, hal ini akan memperbaiki metabolisme karbohidrat, protein, serta lemak yang bisa berimbas pada penurunan berat badan.

  1. Membantu Memaksimalkan Fungsi Otak

Gerakan berjalan kaki ternyata bisa merangsang bagian hippocampus otak untuk berfungsi dengan lebih baik. Hal ini akan berimbas pada terjaganya daya ingat dan menurunnya risiko terkena masalah degeneratif seperti alzheimer atau demensia.

  1. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Semakin Kuat

Jika kita rutin berjalan kaki 30 menit saja setiap hari, akan membantu meningkatkan kondisi sistem kekebalan tubuh dengan signifikan. Tubuh pun tidak akan mudah terkena berbagai macam masalah kesehatan dan infeksi.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang bisa terjadi di usia lanjut, namun dengan rutin berjalan kaki sejak usia muda, risiko dari penyakit ini bisa ditekan dengan signifikan.

  1. Baik bagi Kesehatan Pencernaan

Rutin berjalan kaki beberapa saat setelah makan terbukti bisa menjaga kondisi kadar gula darah terjaga. Hal ini juga akan membuat sistem pencernaan berfungsi dengan lebih baik sehingga mencegah datangnya sembelit.

 

Sumber:

  1. Edwards, Erika. 2019. Exercise linked to lower risk of 7 cancers, study finds. nbcnews.com/health/cancer/exercise-linked-lower-risk-7-cancers-study-finds-n1106661. (Diakses pada 30 Desember 2019).