Terbit: 21 Maret 2018 | Diperbarui: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hari ini, Rabu (21/3/2017) warganet sedang dihebohkan dengan berita mengenai pendendang dangdut, Lucinta Luna yang disebut-sebut sebagai transgender. Tentunya hal tersebut menjadi sorotan hangat oleh warganet di jagad maya. Pasalnya, pasca dugaan operasi kelamin yang dilakukan beberapa waktu lalu, banyak pihak yang menuding jika Lucinta Luna memang seorang transgender, walau dia sering menapik rumor tersebut.

Heboh Soal Lucinta Luna, Simak Fakta tentang Transgender Ini

Terlepas dari itu semua, seiring dengan viralnya berita mengenai transgender Lucinta Luna, semakin banyak pula netizen yang mencari kebenaran serta mencari fakta sesungguhnya mengenai makna transgender. Selain itu, banyak juga yang tidak tahu dengan perbedaan transgender dan transeksual sesuai dengan kasus yang sedang dialami oleh Lucinta Luna saat ini.

Nah, jika Anda masih bingung dengan makna transgender serta perbedaannya dengan transeksual, berikut penjelasannya.

Jadi, transgender adalah sebuah kondisi tidak normal pada seseorang yang ditandai dengan perilaku serta kecenderungan sifat menyamai lawan jenisnya. Misalnya ada seorang pria yang sangat suka dan terobsesi dengan penampilan wanita dan ingin dirinya menjadi seperti wanita, maka pria tersebut bisa disebut sebagai transgender. Begitu juga sebaliknya pada wanita yang ingin merubah dirinya menjadi pria karena dia merasa bahwa dirinya lebih tepat menjadi seorang pria.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan transgender tersebut terbentuk dalam diri seseorang. Mulai dari faktor lingkungan, gaya hidup, pergaulan, emosional, bahkan faktor ekonomi. Namun, sampai saat ini faktor terbesar yang menimbulkan transgender adalah karena gaya hidup, yakni lingkungan dan pergaulan yang terlampau liar.

Lantas, apa perbedaannya dengan transeksual?

Jika transgender adalah bentuk obsesi yang berlebihan pada lawan jenis, maka berbeda dengan transeksual. Transeksual adalah sebuah kondisi dimana seseorang merasa jiwanya terjebak dalam tubuh yang salah. Hal ini sangat menyangkut emosional, rasa, serta kepribadian. Yang dimaksud terjebak dalam tubuh yang salah adalah sebuah anggapan konyol yang menentang takdirnya sendiri terlahir dengan jenis kelamin tertentu.

Misalnya, ada seorang pria yang merasa frustasi dan kesal mengapa ia dilahirkan sebagai seorang pria. Padahal ia merasa kalau dirinya adalah seorang wanita yang terjebak dalam tubuh pria. Dengan perasaan yang mendalam tersebut menjadikan orang-orang transeksual sering mencintai sesama jenis. Hal itu bukan hal yang salah bagi mereka, karena mereka merasa hubungan tersebut bukanlah hubungan sesama jenis.

Maka tak heran, jika kebanyakan pria transeksual sering bertingkah dan berperilaku layaknya wanita. Bisa dilihat dari cara bicara, cara jalan, cara mengenakan pakaian, cara merawat tubuh, cara berkedip, hingga cara mandi sekalipun menyerupai wanita. Itulah yang dinamakan transeksual. Lebih tepatnya, transeksual bisa dikatakan sebagai gangguan yang lebih menyerang emosional serta rasa pada seseorang sehingga menjadikannya bergerak, bertingkah, serta berpikir menyerupai lawan jenisnya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi