Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa bilang vagina tidak pernah merasa kelelahan? Jika Anda merasakan hal aneh pada vagina, bukan berarti vagina Anda terkena penyakit atau masalah serius, karena bisa jadi hal aneh tersebut terjadi disebabkan oleh vagina Anda yang sedang mengalami kelelahan.

Berikut 4 Gejala yang Timbul Akibat Lelahnya Vagina

Vagina merupakan organ vital pada wanita yang rentan terhadap penyakit sehingga harus selalu dijaga kebersihannya. Selain kebersihan yang harus dijaga, Anda juga harus menjaga kesehatan vagina Anda agar tidak mengalami kelelahan.

Berikut adalah beberapa gejala yang akan timbul saat vagina Anda sedang mengalami kelelahan. Anda harus tetap waspada dan jika gejala tersebut masih berlanjut, sebaiknya Anda harus segera periksakan ke dokter.

1. Sakit Saat Berhubungan Seksual

Saat Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan, tentu saja Anda akan merasakan kenikmatan dan kepuasan secara maksimal. Namun, saat vagina Anda mengalami kelelahan, Anda tidak akan pernah mendapatkan rasa nikmat tersebut, karena yang akan Anda rasakan adalah rasa sakit pada vagina. Rasa sakit tersebut membuat Anda engan untuk melakukan hubungan seks lagi. Untuk itu, segerelah periksakan ke dokter.

2. Sensasi Terbakar

Vagina terasa seperti terbakar mungkin pernah Anda rasakan sesaat setelah Anda mengonsumsi makanan terlalu pedas. Akan tetapi, vagina yang sedang mengalamai kelelahan juga bisa menimbulkan sensasi seperti terbakar.  Hal ini juga bisa terjadi karena vulodyna yang dampaknya bukan hanya menyebabkan rasa sakit tapi juga rasa terbakar pada vagina.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Rasa Gatal

Rasa gatal pada vagina mungkin pernah dialami oleh sebagian besar wanita. Rasa gatal pada vagina ini bisa disebabkan juga oleh infeksi jamur. Anda bisa memastikannya dengan cara melihat keputihan yang menempel pada celana dalam Anda. Jika bau dari keputihan tersebut sangat menyengat, padat dan berfolume, serta terasa gatal dan keluar sangat banyak, itu tandanya Anda sedang terkena infeksi jamur. Karena vagina bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan keputihan yang sangat banyak dan jika Anda membiarkannya maka vagina Anda akan menjadi lebab, lalu jamur akan bersarang disana.

4. Sensitif.

Saat Anda duduk terlalu lama lalu tiba-tiba Anda merasa sakit pada vagina, itu menandakan jika vagina Anda mulai kelelahan sehingga menjadi lebih sensitif. Dengan munculnya tanda tersebut, Anda perlu beristirahat dan mulai merebahkan tubuh Anda di atas kasur.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi